• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 18 Mei 2024

Pernik

Flu dan Batuk Melanda, Berikut Solusi Mengatasinya

Flu dan Batuk Melanda, Berikut Solusi Mengatasinya
Dokter Ita Fajri Tamam (Foto: Youtube NU Online)
Dokter Ita Fajri Tamam (Foto: Youtube NU Online)

Flu dan batuk biasanya disebabkan oleh infeksi virus, yang akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih satu minggu. Namun, dalam kondisi tertentu flu dan batuk bisa semakin lama sembuhnya, sampai dua minggu. 


Bahkan dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri otot, pegal-pegal, dan tidak produktif. Flu dan batuk yang berkepanjangan ini bisa jadi disebabkan oleh kurang istirahat, stres, banyak pikiran, merokok, maupun karena polusi udara. 


Dijelaskan oleh Pengasuh Pesantren Nazhatut Thullab, Parajjan, Sampang, Dokter Ita Fajri Tamam, di antara sebagian penyebabnya adalah pertama, setres berkepanjangan.

 

Pikiran yang terlalu banyak beban dan stres akan membuat daya tahan tubuh kita semakin turun. Hal itu membuat flu dan batuk yang kita derita semakin lama sembuhnya. 


Kedua, kurang tidur dan istirahat. Kemudian, ketiga adalah kurang konsumsi air putih setiap harinya. Perlu diingat bahwa dalam sehari kita perlu mengkonsumsi dua sampai tiga liter air putih. 


Keempat, sering merokok atau sering terpapar asap rokok. Selanjutnya, kelima sering terpapar alergen atau partikel-partikel kecil yang membuat kita alergi seperti polusi udara misalnya. Terakhir, keenam adalah keliru dalam memilih obat serta terapi flu dan batuknya. 


Selain itu, flu dan batuk yang tidak kunjung sembuh bisa juga disebabkan oleh adanya lendir yang turun ke tenggorokan. Misalnya karena covid-19, kemudian karena penyakit paru-paru, asma, pneumoni, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), dan lain sebagainya. 


Penangan Penyakit Flu dan Batuk 

Sebagaimana yang dijelaskan Dokter Ita dalam kanal Youtube NU Online, penanganan pada flu dan batuk yang tidak segera sembuh dapat dilakukan dengan berbagai cara. 


Pertama, perbanyak minum air hangat. 

Jangan lupa tubuh kita membutuhkan cairan minimal 8 gelas sehari atau 2 sampai 3 liter air per hari. Air yang hangat ini bisa membantu kita untuk meredakan hidung tersumbat, kemudian mengencerkan lendir atau dahak, serta melegakan tenggorokan yang sakit. 


Air hangat ini juga bisa berbentuk seperti air lemon hangat, air jeruk nipis hangat, teh herbal yang dicampur dengan madu, sup hangat dan lain sebagainya. Pastikan asupan tubuh untuk cairan terpenuhi. 


Kedua, waktu istirahat cukup. 

Sebagian orang meremehkan flu dan batuk serta merasa bahwa itu hanya penyakit ringan yang bisa segera hilang. Namun kalau kita kurang istirahat dan kurang tidur maka justru penyakit ini bisa berlama-lama berada dalam tubuh kita. 


Pastikan kalau kita sedang flu dan batuk cukupkan waktu istirahat, tidur di rumah, dan hentikan aktivitas sementara. Hal ini akan membantu kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan flu dan batuk yang berkepanjangan. 


Ketiga, kumur dengan air garam. 

Flu dan batuk yang berkepanjangan sering disertai dengan sakit maupun gatal di tenggorokan.

 

Untuk mengurangi rasa gatalnya kita bisa mencoba dengan berkumur air garam misalnya dengan melarutkan ¼ atau ½ sendok teh garam dengan satu gelas air. 


Keempat, minum obat flu dan batuk. 

Meminum obat flu dan batuk harus dilakukan secara tepat, karena jika salah memilih obat, maka bisa jadi justru tidak membantu kita untuk semakin baik flu dan batuknya.

 

Pastikan kita memilih obat yang sesuai dengan keluhan dan kalau tidak segera sembuh dalam waktu lebih dari satu minggu bisa kita periksa ke dokter atau tenaga kesehatan. 


Demikianlah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi penyakit flu dan batuk. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah swt. 
 


Pernik Terbaru