• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Tokoh

Prof Wan Jamaluddin Resmi Dilantik Jadi Rektor Baru UIN Raden Intan

Prof Wan Jamaluddin Resmi Dilantik Jadi Rektor Baru UIN Raden Intan
Prof Wan Jamaluddin (Kedua dari Kanan) beserta pejabat lain saat dilantik di Kantor Kementerian Agama RI pada Jumat (28/1/2022)
Prof Wan Jamaluddin (Kedua dari Kanan) beserta pejabat lain saat dilantik di Kantor Kementerian Agama RI pada Jumat (28/1/2022)

Bandar Lampung, NU Online Lampung
Wajah baru siapa yang akan menakhodai UIN Raden Intan terjawab melalui Pelantikan Rektor di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia Jl MH Thamrin No. 6, Jakarta Pusat pada Jumat pagi (28/1/2022). Sosok tersebut adalah Prof Wan Jamaluddin yang merupakan Wakil Ketua PWNU Lampung.

 

Prof Wan Jamaludin dilantik bersamaan dengan para Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) lain. Prosesi pelantikan itu juga dilakukan bersama beberapa pejabat di lingkungan Kemenag, yang dilantik langsung oleh Menteri Agama RI, H Yaqut Cholil Qoumas.

 

Sekilas profil Prof Wan Jamaluddin, ia dilahirkan di Bandar Lampung, 21 Maret 1971. Pendidikan formalnya di SD Negeri Rawalaut, Bandar Lampung, SMP Darussalam Tegineneng, MAN 1 Bandar Lampung. 

 

Sedangkan pendidikan sarjana ia tempuh di IAIN Raden Intan Lampung, magister di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan terakhir doktoral di Departement of History of Middle and Near-East Cou, Rusia, 2003. Ia merupakan Profesor atau Guru Besar Sejarah Peradaban Islam.

 

Prof Wan menjadi Rektor di umur yang cukup muda yaitu 50 tahun. Sebelumnya ia adalah Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan kerja sama. Guru Besar bidang Sejarah Peradaban Islam itu akan memimpin UIN Raden Intan selama lima tahun ke depan. 

 

Guru besar ilmu komunikasi UIN Raden Intan, Prof Khomsahrial Romli mengatakan, kampus hijau ini bisa lebih meningkatkan riset. Terlebih, saat ini kampus tersebut telah memiliki gedung pusat riset dan akademik yang mumpuni.

 

Menurutnya, hal tersebut tentu akan menaikan pamor UIN Raden Intan secara akademik. Saat ini kampus itu telah berkembang pesat dan menjadi yang terbaik secara nasional. "Pak Mukri sudah baik, dia rektor PTKIN terbaik ketiga. Kalau bisa yang baru ini nomor 1," ujarnya.

 

Ia mengungkapkan, pemimpin baru harus bisa menjaga prestasi UIN Raden Intan yang sudah ada selama ini. Label kampus hijau dan termasuk yang terbaik di UI Greenmetric harus terus dipertahankan.

 

Ia juga berharap rektor baru nanti bisa membangun sinergitas antara mahasiswa, karyawan, dan dosen. Ketiga unsur tersebut harus saling dukung dalam membesarkan nama kampus. "Harapan kita, ke depan  harus lebih maju  dan bisa berjalan bersama," ujar Prof Khomsahrial Romli seperti dikutip dari Lampost.co.

 

Dalam pelantikan tersebut, Prof Wan tidak sendiri yang berasal dari Lampung. Ada H Juanda Naim, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Lampung yang turut hadir. 

 

Juanda Naim, dilantik menjadi Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. 

(Dian Ramadhan)


Tokoh Terbaru