• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 2 Desember 2022

Warta

PAC GP Ansor Trimurjo Siapkan Kader Militan

PAC GP Ansor Trimurjo Siapkan Kader Militan
Pelatihan Kepemimpinan Dasar GP Ansor PAC Trimurjo, Lampung Tengah
Pelatihan Kepemimpinan Dasar GP Ansor PAC Trimurjo, Lampung Tengah

Lampung Tengah, NU Online Lampung
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah, menggelar agenda Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD), Sabtu-Ahad (22–23/1/2022) di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa, Kampung Tempuran, Kecamatan Trimurjo, Lampung Tengah.

 

Hal tersebut disampaikan Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Trimurjo, Yadi Basuki, dalam pembukaan agenda PKD Sabtu, (22/1/2022). 

 

“PKD yang diselenggarakan di Pusdiklat Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Tempuran ini dengan target 70 (tujuh puluh) peserta yang diharapkan akan menjadi kader-kader yang militan untuk suatu pergerakan masa yang akan datang, dari jumlah peserta yang ada seluruhnya terdiri dari seluruh kader Pengurus Ranting GP Ansor se-Kecamatan Trimurjo,” ujarnya.

 

Tema yang diusung dalam PKD tahun 2022 ini adalah Ansor Maju Satu Barisan Seribu Rintangan Patah Semua. 

 

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Lampung Tengah, Saryono mengatakan, Kecamatan Trimurjo adalah wilayah yang sangat luas sehingga diharapkan bisa optimal dalam pengkaderan, dan outputnya adalah kader yang siap di tempatkan dimana saja dalam organisasi apapun dan bahkan dalam pemerintahan. 

 

“Output jangka menengah dan jangka panjang setelah kaderisasi ini adalah membentuk kader GP Ansor yang militan, ideologis, berkarakter, berdedikasi, dan berintegritas tinggi. Membentuk kader yang memiliki kecakapan mengelola organisasi dan profesional dalam bidang-bidang tertentu,” tambah anggota instruktur PKPNU Provinsi Lampung ini.

 

Menurutnya, kolaborasi pengurus PAC Kecamatan Trimurjo berhasil menunjukkan gerakan yang nyata dalam berorganisasi yang didukung oleh Pusdiklat Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Trimurjo.

 

Panitia pelaksana PKD PAC GP Ansor Kecamatan Trimurjo, Eka Cahyadi mengatakan, para peserta PKD akan mendapatkan materi-materi pokok pada PKD, "Antara lain orientasi pengkaderan, Ahlussunnah wal Jama’ah I, dalil-dalil amaliyah dan tradisi keagamaan NU, keIndonesiaan dan kebangsaan, Nahdlatul Ulama I, ke-GP Ansor-an I, organisasi dan kepemimpinan, pengenalan aturan organisasi GP Ansor, rencana kerja tindak lanjut, dan pembai’atan," ujarnya.

 

Turut hadir dalam agenda tersebut pengurus MWCNU Kecamatan Trimurjo, para Kiai pengasuh pesantren, pengurus Ranting NU Kampung Tempuran, kader-kader PAC GP Ansor se-Kecamatan Trimurjo, dan lain-lain

(Akhmad Syarief Kurniawan)


Warta Terbaru