• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Seni Budaya

Ihsan Lathief Rilis Single Habibi Ruhi Jelang Lounching Album Perdana   

Ihsan Lathief Rilis Single Habibi Ruhi Jelang Lounching Album Perdana   
foto lathief Ihsan
foto lathief Ihsan

Lathief Ihsan, atau akrab disapa dengan Gus Ichan, merilis lagu religi yang dikemas dengan genre POP R&B di chanel youtube Lathief Studio, yang berjudul Habibi Ruhi

 

Lagu yang berdurasi 4 menit lebih itu diciptakan menjelang lounching album perdananya di tahun ini.  “Single Habibi Ruhi ini saya ciptakan menjelang louncing album perdana saya, yang terdiri dari 10 lagu," kata Gus Ichan, kepada NU Online Lampung, Jumat  (14/7/2022). 


Lagu Habibi Ruhi berasal dari shalawat Ahmad Ya Habibi, yang diciptakan oleh Muhibbin untuk mengagungkan kekasih Allah yang mulia, Nabi Muhammad saw.  Kemudian oleh Gus Ichan diberi sentuhan nada yang baru dan lebih asyik untuk didengarkan, karena genre R&B biasanya digunakan untuk musik-musik yang bernuansa cinta. 

 

"Lagu ini berisi shalawat dan munajat memuji Kanjeng Nabi Muhammad saw, untuk  taqarrab ilallah dan syiar shalawat itu sendiri. Jadi selain mendengarkan nada yang indah, kita juga otomatis bershalawat kepada Nabi Muhammad saw dan mendekatkan diri kepada Allah swt," paparnya. 

 

Putra dari pengasuh Pondok Pesantren Al Hikmah Kedaton, Bandar Lampung, KH Basyarudin Maisir itu menjelaskan,  proses pembuatan single Habibi Ruhi mulai dari konsep lagu, aransemen, video klip dan produksinya sampai dirilis memakan waktu sekitar dua mingguan.

 

Dalam single Habibi Ruhi ini, Gus Ichan berkolaborasi atau duet dengan Anisa Rahman, mantan vokalis Sabyan dan Note Tujuh. Selain itu dalam pengerjaanya dibantu oleh Ega HQ yang juga sebagai produser, mixing dan master enginer. 

 

Sedangkan Gus Ichan lebih banyak mengkomposer lagu-lagunya. “Saya sih lebih banyak mengkomposer lagu-lagunya, sedangkan mas Ega sebagai acuan utamanya," tuturnya. 


Pria yang pernah nyantri di Pesantren Al Hikmah, Benda, Brebes, Jawa Tengah memang sangat produktif dan gencar berdakwah lewat dunia musik, khususnya yang bernuansa Islami atau religi. Beberapa karyanya bisa disaksikan melalui Youtube Channel Lathief Studio seperti single Maulaya, Anal Islam, Ya Tarim, Fi Mahabbati NU, Ya Rasululallah, dan Antassalam.

 

Pilihan menggunakan genre R&B dalam lagunya, menurut Gus Ichan, selain karena menyukainya, juga untuk memperkenalkan shalawat dengan segmen yang baru. Selama ini biasanya shalawat menggunakan musik hadrah atau POP. 


"Ke depan, saya ingin merekrut santri yang pandai membuat syair, karena tujuan saya berdakwah yakni ingin memunculkan khazanah santri dari pondok-pondok pesantren yang memiliki kecerdasan untuk membuat syair bahasa Arab," ungkapnya. 

 

 (Yudi Prayoga)


Seni Budaya Terbaru