• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Pernik

Pagar Nusa, Aset Istimewa Yang dimiliki Bangsa

Pagar Nusa, Aset Istimewa Yang dimiliki Bangsa
foto Eko Tp
foto Eko Tp

Pagar Nusa (PN) merupakan organisasi pencak silat di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) yang didirikan pada tanggal 03 Januari 1986 di pondok pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, dengan KH Abdullah Maksum Jauhari sebagai ketua umumnya. Sehingga Pagar Nusa menjadi satu-satunya wadah yang sah bagi organisasi pencak silat di lingkungan Nahdlatul 'Ulama berdasarkan hasil keputusan Muktamar.

 

KH. Abdullah Maksum Jauhari atau yang akrab di sapa "Gus Maksum", pertama kali terpilih sebagai ketua umum pada musyawarah nasional (munas) pertama yang dilaksanakan di pondok pesantren Zainul Hasan, Genggong, Krakasan, Probolinggo, pada tahun 1989.

 

Sebagai Badan Otonom (Banom) NU, Pagar Nusa merupakan akronim dari pagarnya NU dan Bangsa. Jadi segala hal yang berhubungan tentang pencak silat dan ilmu kanuragan dengan segala aspek yang terkandung di dalamnya merupakan wilayah bagi Pagar Nusa. Mengutip perkataan Gus Dur "Kelak disaat yang lain tidak bisa, hanya Pagar Nusa yang mampu dititipi NU. Pagar Nusa adalah Jagkarnya NU".

 

Pagar Nusa sendiri dibentuk sebagai wadah untuk menjaga atau memagari ulama, habaib, kiai, santri dan bangsa Indonesia itu sendiri, sebagaimana dengan namanya, yakni Pagar Nusa.

 

Maka setiap anggota Pagar Nusa harus memiliki kesadaran penuh kepada tanggung jawabnya sebagai penjaga para kiyai, ulama, habaib serta tanggung jawab kepada kesatuan dan persatuan negara Indonesia. 

 

Selain memiliki tanggungjawab yang besar seperti perintah di atas, anggota Pagar Nusa juga wajib untuk taat dan patuh kepada peraturan dasar, peraturan rumah tangga, dan peraturan organisasi.

 

Pagar Nusa yang hampir memiliki cabang di seluruh wilayah Indonesia, dengan jutaan anggotanya, menjadikan Pagar Nusa sebagai salah satu organisasi pencak silat yang besar dengan segudang prestasi yang cukup disegani dan diperhitungkan eksistensinya. Baik di dalam maupun di luar negri. Hal tersebut dikarenakan, Pagar Nusa merupakan wadah bagi  berbagai macam aliran dan perguruan pencak silat yang ada di nusantara. Seperti pencak silat GASMI, Batara Perkasa, Satria Perkasa Sejati, Sapu Jagad, Bintang Sembilan, JPC, Tegal Istigfar, Kalimah Syahadat, dan lainnya.

 

Dengan berbagai macam aliran silat yang tergabung dalam Pagar Nusa, menjadikan Pagar Nusa memiliki keragaman jurus, karkter dan khazanah keilmuan yang berbeda, dan semuanya bersatu pada visi-misi yang sama.

 

Hal ini merupakan wujud implementasi dari konsep semboyan negara kita yaitu Bhineka Tunggal Ika. "Walaupun berbeda-beda, tetap satu jua". Maka secara de facto dan jure Pagar Nusa adalah sebuah kado istimewa bagi bangsa ini, yang wajib di jaga dan di teruskan oleh para generasi mudanya.

 

 Tidak hanya sebagai bela diri, Pagar Nusa juga sebagai madrasah yang sangat ideal bagi para generasi bangsa, terutama untuk membangun mentalitas, spiritualitas  dan karakter yang kuat, agar tercipta para generasi muda yang berkualitas di masa yang akan datang. 

 

(Eko Tp, Sekretaris PC Pagar Nusa Lampung Tengah, 2021-2026)
 


Pernik Terbaru