• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 9 Desember 2022

Pendidikan

Sambut Hari Santri, ini Sejumlah Kegiatan ‘Keren’ yang Siap Dilakukan PCNU Bandar Lampung

Sambut Hari Santri, ini Sejumlah Kegiatan ‘Keren’ yang Siap Dilakukan PCNU Bandar Lampung
Logo Hari Santri Nasional 2021
Logo Hari Santri Nasional 2021

Bandar Lampung, NU Online Lampung
Dalam menyambut Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober 2021. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandar Lampung akan menyelenggarakan berbagai acara keren di Kota Bandar Lampung.


Kegiatan tersebut merupakan hasil rapat PCNU Kota Bandar Lampung dengan seluruh banom dan lembaga NU yang ada di Bandar Lampung.


"Keseluruhan kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan di Bulan Oktober, yang di dalamnya ada hari santri. Pelaksanaannya diserahkan kepada lembaga-lembaga NU terkait," ujar Plt. Sekretaris PCNU Bandar Lampung, Kusaeri Suwandi.

 

Rangkaian acara menyambut hari santri itu diantaranya peletakan batu pertama pembangunan NU Klinik yang akan dilaksanakan oleh Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) dan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Bandar Lampung. Klinik ini diharapkan bisa menjadi tempat untuk seluruh warga Bandar Lampung yang ingin berobat.


Kegiatan yang kedua yaitu Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) angkatan ketiga. PKPNU memiliki tujuan terarah yakni memberikan wawasan pengetahuan yang mendalam tentang pemahaman Ahlussunah wal Jama’ah (Aswaja) berupa keorganisasian, wawasan global, spiritual serta penguatan tentang maraknya bahaya radikalisme dan fundamentalisme. Pelaksanaan PKPNU pada tanggal 1-3 Oktober 2021 di Pondok Pesantren Madarijul Ulum, Batu Putu, Bandar Lampung.
 

Yang ketiga yaitu Workshop pendirian Sekolah Ma'arif berstandar Internasional di kota Bandar Lampung. Hal ini perlu dilakukan untuk menunjukkan bahwa lembaga pendidikan NU sanggup untuk bersaing dengan sekolah berstandar Internasional lainnya. Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Ma'arif (LP Ma'arif).
 

Sedangkan kegiatan selanjutnya yaitu akademi pelajar Islam moderat bagi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Moderat sangat penting generasi muda untuk menghindari paham-paham radikalisme yang menyasar kepada generasi milineal.
 

Kegiatan kelima yaitu Musabaqah Qira'atul kutub (MQK), kegiatan ini dilaksanakan untuk para santri bisa mengamalkan apa telah ia pelajari selama di pesantren. Kegiatan ini nantinya akan diselenggarakan oleh Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PCNU Bandar Lampung.

 

"Yang terakhir yaitu pelaksanaan upacara Hari Santri Nasional di lapangan kantor walikota, kegiatan ini akan dilaksanakan berkoordinasi antara pihak Pemerintah Kota dan PCNU Bandar Lampung," pungkas Kusaeri saat dihubungi oleh NU Online Lampung. (Dian Ramadhan)

 

 

 


Editor:

Pendidikan Terbaru