• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 23 April 2024

Warta

Perkuat Paham Aswaja, IPNU IPPNU SMP Islam El-Syihab Gelar Makesta Jilid 3

Perkuat Paham Aswaja, IPNU IPPNU SMP Islam El-Syihab Gelar Makesta Jilid 3
Makesta IPNU IPPNU SMP El-Syihab
Makesta IPNU IPPNU SMP El-Syihab

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Sebanyak 59 siswa SMP Islam El-Syihab mengikuti kegiatan Masa Kesetian Anggota (Makesta) Jilid 3, Jumat-Sabtu (10-11/6/2022). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan sekolah yang sudah berlangsung sebanyak 3 Jilid.


Ketua Pelaksana Kegiatan, Adjie Surahman mengatakan, kegiatan ini merupakan kaderisasi di sekolah umum yang berbasis Islam untuk memperkuat paham kebangsaan.


“Siswa di sekolah adalah basis utama paham-paham pergerakan intoleran. Dimana siswa yang belum memiliki pondasi yang kuat akan mudah terpengaruh terhadap kelompok-kelompok tersebut,” ujarnya.


Lebih lanjut ia mengatakan dengan kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan kader pelajar yang berwawasan kebangsaan berlandaskan Ahlussunnah wal Jama’ah. Pada kegiatan ini para siswa akan diperkenalkan tentang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU), Keaswajaan, Ke-NU-an, dan beberapa materi yang lainnya.


Hal ini senada dengan semboyan SMP Islam El-Syihab yakni Merawat Tradisi Merespon Modernisasi Berjiwa Salafi Berwawasan Masa Kini.


Wakil Kepala SMP Islam El-Syihab Bidang Kesiswaan, Riyo Arie Pratama berpesan kepada para peserta yang merupakan siswa SMP Islam El-Syihab untuk mengikuti kegiatan ini secara maksimal dan mengikuti segala petunjuk dari panitia.


“Saat mengikuti kegiatan ini, kalian akan disajikan materi-materi dan narasumber yang berkompeten dalam bidangnya. Oleh sebab itu, amalkan apa yang kalian dapat dari kegiatan ini dalam kehidupan untuk menambah ilmu pengetahuan selain dari sekolah formal,” ungkapnya.


Kegiatan ini dirangkai dengan pembiasan amaliah-amaliah seperti pembacaan ratibul haddad, shalat berjamaah, pembacaan maulid simtudduror beserta syair-syair shalawat, dan qiyamul lail (shalat malam). (Saibani)
 


Warta Terbaru