• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 4 Februari 2023

Warta

Catat Lokasi dan Ikuti Vaksinasi Booster di Bandar Lampung

Catat Lokasi dan Ikuti Vaksinasi Booster di Bandar Lampung
Pelaksanaan Vaksinasi booster di Bandar Lampung
Pelaksanaan Vaksinasi booster di Bandar Lampung

Bandar Lampung, NU Online Lampung 

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bandar Lampung turut serta dalam program 1 juta vaksin booster yang dicanangkan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama Polri, dan Kementerian Agama. Selama tiga hari (21-23/4/2022) PCNU Bandar Lampung menggelar vaksinasi tersebut di 13 lokasi.

 

Ketua Tanfidziyah PCNU Bandar Lampung, Ichwan Adji Wibowo mengatakan, 13 lokasi tersebut tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kota Bandar Lampung. “Kami mengajak seluruh masyarakat, baik muslim maupun non muslim untuk dapat mengikuti  vaksinasi ini,” katanya.

 

Pada hari pertama vaksinasi, Kamis (21/4/2022) dilaksanakan di tiga tempat. Pertama di Kantor PCNU Kota Bandar Lampung yang menyediakan 300 dosis. Kedua, di Klinik NU yang berada di Kecamatan Panjang, sebanyak 300 dosis vaksin. Kemudian ketiga, pada malam hari dilaksanakan di Pesantren Al Hikmah Kedaton Bandar Lampung sebanyak 600 dosis.

 

Hari kedua, Jumat (22/4/2022) dilaksanakan di empat tempat yaitu pagi hari di SMP El Syihab di Kecamatan Sukabumi  menyiapkan 200 dosis dan Masjid Al Hikmah atau Sekretariat Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) di Kecamatan Tanjung Senang sebanyak 200 dosis. Kemudian malam hari dilaksanakan di Pesantren Bustanul Falah, Kecamatan Tanjung Karang Pusat dengan 300 dosis vaksin dan di Masjid Al Anwar, Kecamatan Teluk Betung Selatan dengan 300 dosis vaksin.

 

Hari ketiga, Sabtu (23/4/2022) dilaksanakan di lima lokasi yaitu pagi hari di Pesantren Putri Hikmatul Mubtadi’aat, Kecamatan Langkapura dengan 300 dosis, kemudian di Masjid Al Iman, Kecamatan Raja Basa sebanyak 500 dosis vaksin.

 

Lalu di Mushala Nur Sakinah di Kecamatan Sukarame dengan 100 dosis, dan di Aula SMPN 16 Bandar Lampung, sebanyak 200 dosis vaksin. Kemudian malam hari dilaksanakan di Masjid Sunan Kalijogo Garuntang, Kecamatan Bumi Waras yang menyediakan 100 dosis.

 

“Nanti pada hari ketiga atau hari terakhir, warga yang vaksin akan mendapatkan paket beras dan susu dari Wakapolda Lampung. Di Bandar Lampung akan dibagikan bantuan 200 paket beras 5 Kg dan 400 kaleng susu, yang teknis pembagiannya nanti akan diatur oleh panitia,” ujar Adji.

 

Sementara Sekretaris PCNU Bandar Lampung, Kusaeri Suwandi mengatakan, total dosis vaksinasi yang disiapkan di Kota Bandar Lampung adalah 4.000 dosis. Pelaksanaannya dibagi dalam beberapa titik yang ada di Bandar Lampung.

 

“Antusiasme warga sangat tinggi terhadap vaksinasi booster ini, bahkan di lokasi Masjid Al Iman Rajabasa membuka pendaftaran sebelum dilaksanakan dan sudah banyak pendaftarnya,” ungkapnya.

 

Sebagaimana diketahui Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU telah menyatakan bahwa hukum melakukan vaksinasi pada siang hari di bulan Ramadhan tidak membatalkan puasa. Hal ini juga sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 13 Tahun 2021 yang menyebutkan bahwa vaksinasi Covid-19 dengan injeksi intramuscular (suntikan pada otot) tidak membatalkan puasa.

(Dian Ramadhan)


Warta Terbaru