• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 4 Februari 2023

Warta

NU Lampung Gelar Vaksinasi Booster di 200 Lokasi, Dukung Tradisi Mudik Lebaran

NU Lampung Gelar Vaksinasi Booster di 200 Lokasi, Dukung Tradisi Mudik Lebaran
Pelaksanaan Vaksin Booster di PCNU Bandar Lampung
Pelaksanaan Vaksin Booster di PCNU Bandar Lampung

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung menggelar vaksinasi booster di 200-an lokasi di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Lampung. Hal itu merupakan pelaksanaan dari program Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang mencanangkan 1 juta vaksinasi booster untuk mendukung warga yang hendak mudik lebaran.


Pelaksana Harian (Plh) Ketua PWNU Lampung, Prof Alamsyah mengatakan, vaksinasi untuk Provinsi Lampung ditargetkan sebanyak 57 ribu dosis. Angka itu meningkat dari yang semula akan diberikan PBNU yaitu 50 ribu dosis. 


“Setelah kami koordinasikan, sesuai dengan kebutuhan masyarakat di 15 kabupatan/kota, maka jumlah dosis untuk Lampung ditambah,” katanya kepada NU Online Lampung saat menghadiri vaksinasi di Kantor PCNU Kota Bandar Lampung, Kamis (21/4/2022).


Prof Alamsyah menjelaskan, setiap kabupaten dan kota melaksanakan vaksinasi di sejumlah tempat, sehingga totalnya mencapai 200-an lokasi. Diantaranya di Kantor PCNU setempat, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), Pesantren, Klinik NU, dan masjid.


“Vaksinasi ini diberikan untuk masyarakat umum baik muslim maupun non muslim, tidak hanya untuk warga NU. Kita membantu warga yang ingin mudik agar lebih aman, sehat, dan tentunya dalam rangka menyukseskan program pemerintah,” paparnya.


Turut hadir dalam vaksinasi yang digelar di PCNU Kota Bandar Lampung, Sekretaris PWNU Lampung Aryanto Munawar, Wakil Kepala Polda Lampung Brigjen Pol Subiyanto, Plt Kakanwil Kemenag Lampung H Karwito, Asisten 2 Pemerintah Kota Bandar Lampung Tole Dailami, Rais Syuriyah PCNU Bandar Lampung KH Izzuddin Abdussalam, Ketua PCNU Bandar Lampung Ichwan Adji Wibowo, dan KaKemenag Bandar Lampung H Makmur.


Program vaksinasi yang digelar secara serentak selama tiga hari, 21-23 April 2022 itu, dibuka secara daring oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Menteri Agama KH Yaqut Cholil Qoumas, dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 


Sementara itu Wakil Kepala Kepolisian Daerah Lampung, Brigjen Pol Subiyanto mengatakan, kegiatan ini merupakan akselerasi atau percepatan khususnya vaksinasi booster. Namun, tidak mengabaikan vaksin dosis 1 dan 2. 


“Di Provinsi Lampung untuk vaksinasi booster baru sekitar 8 persen. Sedangkan dosis 1 sudah 90 persen lebih, dan dosis 2 baru sekitar 70 persen. Artinya untuk target dosis 1 sudah tercapai, maka saat ini kita targetkan untuk dosis 2 menjadi 80 persen, dan booster mencapai 30 persen,” ujarnya.


Mengenai vaksinasi sebagai syarat mudik, kata Brigjen Subiyanto, pihak kepolisian selalu berpedoman kepada kebijakan pemerintah. Bahkan sebelumnya juga, di rest area jalan tol sudah dilakukan pengecekan vaksinasi masyarakat.


Salah seorang peserta vaksinasi di PCNU Kota Bandar Lampung, Yudi Yusnadi mengatakan, selain untuk menjaga kesehatan, vaksin booster ini juga memudahkan ketika mudik nanti. “Ketika bertemu keluarga akan dirasa cukup aman karena sudah vaksin booster dan menghindari lonjakan kasus Covid-19 setelah libur lebaran nanti,” kata Ketua Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH) PWNU Lampung itu.

(Dian Ramadhan)
 


Warta Terbaru