• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 27 November 2022

Warta

Sambut Mudik, Lampung Siap Sukseskan Program 1 Juta Vaksin Booster

Sambut Mudik, Lampung Siap Sukseskan Program 1 Juta Vaksin Booster
Rapat koordinasi Program Gerakan Vaksinasi untuk Mudik Sehat 2022 Lampung. (Foto: Istimewa)
Rapat koordinasi Program Gerakan Vaksinasi untuk Mudik Sehat 2022 Lampung. (Foto: Istimewa)

Bandarlampung, NU Online Lampung
Menghadapi musim mudik lebaran 1443 H, Kementerian Agama, Kepolisian Republik Indonesia dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah meluncurkan gerakan 1 juta vaksin booster. Kick Off Program Gerakan Vaksinasi untuk Mudik Sehat 2022 ini ditandai dengan gerakan 1 juta booster  di Pondok Pesantren Bayt Al Hikmah, Pasuruan, Provinsi Jawa Timur pada Rabu (13/4/2022).


Terkait dengan program ini, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), Kementerian Agama, dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Provinsi Lampung menggelar rapat koordinasi daring untuk menyukseskan acara tersebut. Gerakan ini sendiri akan digelar di Lampung mulai 21-23 April 2022.


“Lampung siap menyukseskan program gerakan 1 juta booster jelang mudik ini karena Lampung sendiri menjadi salah satu daerah dengan klaster paling padat di Indonesia,” kata Ketua PWNU Lampung Prof KH Mohammad Mukri saat rapat yang dipandu Pelaksana harian Ketua PWNU Lampung Prof Alamsyah ini.


Ia mengungkapkan bahwa target yang dicanangkan untuk Lampung pada gerakan kali ini adalah sebanyak 50.000 orang. Jumlah ini akan didistribusikan ke 15 kabupaten dan kota di Lampung sesuai dengan tingkat kepadatan penduduknya.


“Oleh karenanya penting untuk segera melakukan koordinasi antara PCNU, Kementerian Agama kabupaten/kota, dan Polri untuk kesuksesan program mulia ini,” imbaunya terkait vaksinasi booster yang saat ini menjadi syarat perjalanan mudik ini.


Ia pun meminta PCNU dapat mengkoordinir peserta vaksin dengan melibatkan seluruh elemen yang ada seperti organisasi badan otonom dan lembaga serta majelis wakil cabang sampai dengan tingkat ranting termasuk pondok pesantren dan lembaga pendidikan. Untuk estimasi jumlah peserta yang ditargetkan untuk setiap kabupaten minimal adalah sebanyak 3.400 orang.


“Bagi pengurus NU, menyukseskan program ini merupakan bentuk khidmah paling nyata untuk mewujudkan kemaslahatan. Dan bagi Kementerian Agama menjadi sebuah komitmen dan tanggung jawab terhadap atasan,” ungkapnya.


Senada dengan Prof Mukri, Pelaksana Tugas Kakanwil Lampung H Karwito menyatakan kesiapan Kementerian Agama untuk menyukseskan kegiatan ini. Ia menginstruksikan kepada seluruh Kepala Kemenag kabupaten/kota untuk segera berkoordinasi dengan elemen terkait. Gerakan 1 juta vaksin booster ini menurutnya penting dalam ikut serta mewujudkan Indonesia yang sehat dan maslahat.


“Menjaga diri adalah wujud syukur kepada Allah. Termasuk melindungi masyarakat yang akan merayakan Idul Fitri dengan mudik sehingga mudik bisa senantiasa tertib, damai, dan sehat,” jelasnya.


Ia pun mengingatkan bahwa program vaksin ini bukan hanya diikuti oleh umat Islam saja. Seluruh masyarakat lintas agama, suku, dan budaya juga diharapkan menyukseskan program ini. Oleh karenanya pihaknya menginstruksikan agar Kemenag kabupaten dan kota menggandeng majelis-majelis agama yang ada.


“Bukan Islam ansih. Bisa menggandeng majelis-majelis agama sekaligus menjalin toleransi dan memperkuat moderasi beragama. Mudah-mudahan mudik membawa kebahagiaan dan berkah,” pungkasnya. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru