• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 23 April 2024

Warta

Lestarikan Tradisi NU, IPNU IPPNU Bandar Lampung Gelar Ziarah Makam Ulama

Lestarikan Tradisi NU, IPNU IPPNU Bandar Lampung Gelar Ziarah Makam Ulama
Ziarah makam ulama di Lampung oleh IPNU IPPNU Bandar Lampung
Ziarah makam ulama di Lampung oleh IPNU IPPNU Bandar Lampung

Bandar Lampung, NU Online Lampung
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Bandar Lampung menggelar kegiatan wisata religi, pada Ahad (13/3/2022) dengan mengunjungi para makam ulama. Kegiatan ini merupakan upaya IPNU IPPNU dalam melestarikan tradisi NU dan memperkenalkan ulama pejuang yang ada di Lampung.

 

Adapun makam yang dikunjungi di awali dari Kompleks Pesantren Al Hikmah, Kedaton Bandar Lampung yakni makam KH Muhammad Sobari dan H Abdullah Ma'shum. Kemudian dilanjutkan ke makam keramat Tubagus Yahya di Teluk Betung Barat, serta makam keramat Tubagus Sangkrah di Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

 

Koordinator acara, Arbain mengatakan, ziarah berasal dari tradisi Nabi Muhammad saw, yang dilestarikan oleh Nahdlatul Ulama. Saat melaksanakan ziarah mengingatkan kita perihal hidup yang tidak selalu abadi.

 

“Sebagai kader NU, sudah sepantasnya kita melestarikan tradisi ziarah kubur ulama. Dengan kegiatan ini, kita sudah mengingatkan tentang ulama-ulama yang ada di Provinsi Lampung,” ujarnya.

 

Lebih lanjut ia mengatakan kegiatan ini juga sebagai ajang untuk bermuhasabah diri agar selalu mengingat kepada kematian dan kehidupan tidak ada yang kekal di dunia. Serta berharap kegiatan ziarah ini terus dilaksanakan karena masih banyak makam ulama lain di Provinsi Lampung.

 

Sementara Pengurus IPPNU, Annis Triasih Wulandari mengatakan, ziarah adalah suatu jalan untuk memperoleh keberkahan dari para ulama yang telah tiada. 

 

“Salah satu tujuan ziarah kubur yakni untuk mengingatkan dan memotivasi diri kita khususnya IPNU IPPNU untuk selalu berperilaku baik selama masih hidup. Serta menyadarkan akan selalu ingat kepada guru dan orang-orang saleh,” ungkapnya.

 

Koordinator Dakwah IPNU Bandar Lampung, Muhammad Shirojudin mengatakan, ziarah ini selain mengingatkan kematian, kader IPNU IPPNU juga dikenalkan dengan ulama-ulama pejuang khususnya di Lampung.

 

“Dalam menghadapi datangnya bulan suci Ramadhan, kami IPNU IPPNU Bandar Lampung mencari berkah kepada para ulama dengan cara bertawasul dan mendoakan para waliyullah agar diberikan kesehatan dalam menjalani aktivitas di bulan yang penuh rahmat,” katanya.

 

Kegiatan ini diakhiri dengan acara tadabbur alam guna meningkatkan rasa kekeluargaan dan solidaritas antar pengurus IPNU IPPNU Kota Bandar Lampung.

(Saibani)


Warta Terbaru