• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Keuntungan Lampung Sering Jadi Tuan Rumah Kegiatan Nasional

Keuntungan Lampung Sering Jadi Tuan Rumah Kegiatan Nasional
Ketua Umum MUI Lampung Prof KH Mohammad Mukri. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum MUI Lampung Prof KH Mohammad Mukri. (Foto: Istimewa)

Bandarlampung, NU Online Lampung

Provinsi Lampung merupakan daerah yang masuk dalam kategori sering menjadi tempat digelarnya ajang dan acara tingkat nasional. Kegiatan yang menghadirkan banyak orang dari berbagai penjuru Indonesia bahkan dunia ini mampu memberi dampak positif bagi perkembangan daerah di Pintu Gerbang Sumatera ini.


Di antara kegiatan nasional yang telah dan akan dilaksanakan di Lampung adalah Muktamar Nahdlatul Ulama pada Desember 2021 dan juga Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Ke-2 Majelis Ulama Indonesia yang akan digelar di Lampung pada Desember 2022 mendatang. Dua kegiatan ini besar ini mendatangkan ribuan tokoh dan masyarakat dari berbagai penjuru Indonesia.


“Seringnya Lampung menjadi tempat ajang kegiatan nasional ini merupakan trust (kepercayaan) dari banyak pihak sekaligus penilaian positif bahwa Lampung adalah provinsi yang aman dan nyaman untuk berkegiatan dengan mendatangkan jumlah banyak orang,” kata Ketua Umum MUI Lampung Prof KH Mohammad Mukri di Bandarlampung, Ahad (16/10/2022).


Kepercayaan ini juga akan memberi dampak positif bagi banyak sektor seperti ekonomi, pariwisata, dan sektor-sektor pembagunan dan kehidupan masyarakat. Kehadiran banyak tokoh dari banyak penjuru tentu akan turut serta ‘menviralkan’ situasi dan kondisi Lampung sehingga akan menjadi hal yang menguntungkan.


“Ini juga sesuai dengan perintah agama untuk menviralkan yang baik-baik saja. Saya yakin para tokoh yang hadir ke Lampung dan kemudian mendapatkan kesan yang baik dari tuan rumah, akan menginformasikan kepada pihak-pihak lain. Ini tentu hal yang positif dan menjadi media promosi,” katanya.


Senada dengan Prof Mukri, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Lampung Ganjar Jationo juga menilai bahwa even-even nasional dan mendatangkan masa banyak terlebih para tokoh berbagai daerah mampu meningkatkan performa Lampung terutama dalam bidang ekonomi.


“Pasalnya, yang datang dipastikan akan melakukan transaksi ekonomi sehingga roda ekonomi berputar lebih kencang,” katanya.


Terlebih jika para tokoh ini nantinya diberi kesempatan untuk melihat langsung kondisi Lampung seperti potensi wisatanya dan pembangunan yang ada di Lampung, maka akan mendatangkan hal yang positif.


Seperti diketahui Provinsi Lampung bakal menjadi tuan rumah ajang Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Ke-2 MUI Pusat yang akan dihadiri oleh Dewan Pimpinan, Dewan Pertimbangan, Pimpinan Komisi/Badan/Lembaga, Pimpinan MUI Provinsi, dan Pimpinan Organisasi/Lembaga Islam Tingkat Pusat.


Mukernas ini dihadiri berbagai komponen umat yang selama ini menjadi pilar kepengurusan MUI juga menjadi forum untuk saling memperkuat silaturrahim, menguatkan komitmen, semangat kebersamaan, sekaligus musyawarah untuk mufakat tentang berbagai isu/permasalahan/agenda umat. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru