• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Warta

Ini Ragam Kegiatan Songsong Hari Santri Tahun 2022 di Pringsewu

Ini Ragam Kegiatan Songsong Hari Santri Tahun 2022 di Pringsewu
Rakor PCNU Pringsewu. (Foto: Istimewa)
Rakor PCNU Pringsewu. (Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online Lampung

Kendati puncak peringatan Hari Santri Tahun 2022 masih berkisar 1 bulan lagi yakni pada 22 Oktober mendatang, berbagai macam kegiatan untuk memperingati hari istimewa bagi para santri ini sudah mulai disusun di Kabupaten Pringsewu, Lampung. Berbagai kegiatan mulai dari kompetisi sampai dengan aksi sosial bakal mewarnai Hari Santri yang sudah ditetapkan oleh Presiden Jokowi sejak tahun 2015 ini.


Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu H Taufik Qurrohim mengatakan bahwa sudah menjadi tradisi di Pringsewu menggelar banyak kegiatan memeriahkan hari santri. Bukan hanya di masa kondisi normal saja, saat terjadi pandemi Covid-19, Keluarga Besar NU Pringsewu tetap menggelar berbagai kegiatan dan perlombaan. Bukan hanya berskala lokal namun juga nasional dan internasional.


“Saat pandemi kemarin, kita menggelar kegiatan lebih dari 20 item kegiatan, seperti lomba hadrah online yang pesertanya bukan hanya dalam negeri Indonesia namun ada yang dari luar negeri,” katanya saat kegiatan Rapat Koordinasi PCNU beserta Badan Otonom, Lembaga, dan juga Majelis Wakil Cabang (MWC) kecamatan di Aula Gedung NU Pringsewu, Sabtu (3/9/2022) siang.


Untuk tahun ini, NU Pringsewu juga siap menggelar berbagai kegiatan menyongsong hari santri. Kegiatan ini akan digawangi oleh panitia, badan otonom, lembaga dan  MWC. Bahkan kegiatan ini sudah ada yang dimulai prosesnya seperti yang dilakukan oleh Fatayat NU Pringsewu yakni Pemilihan Dutra Santri Kabupaten Pringsewu.


Kegiatan yang dilakukan oleh Fatayat NU di antaranya: Pemilihan Duta Santri, Fashion Show Gus dan Ning, dan Santunan Anak Yatim. Sementara lembaga lain juga menggelar kegiatan seperti Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) yang akan menggelar kegiatan seperti Liga Santri di Pesantren Al-Husna, Musabaqah Qiraatul Kutub di Pesantren Madinatul Ilmi, Musabaqah Tahfidzul Qur’an di Pesantren Miftahussalam, dan Seminar Kebangsaan bagi Santri.


“Puncaknya akan ada Gebyar Hari Santri 2022 yang akan dilaksanakan di Pesantren Nurul Huda Pringsewu,” jelasnya.


Sementara badan otonom dan lembaga lain akan menggelar kegiatan sebagai berikut: (a) Muslimat NU: Lomba Tumpeng dan Jajanan Pasar serta Jalan Sehat, (b) Lembaga Ta’lif wa Nasyr NU: Kompetisi Film Dokumenter dan Bazar Wirausahawan Santri, (c) PMII: Pesantren Roadshow, Santri Pringsewu Bershalawat, dan Sekolah Aswaja, (d) GP Ansor: Lomba Baris Berbaris dan Festival Rebana, (d) IPNU/IPPNU: Pelajar Enterpreneur dan Kompetisi Bulu Tangkis antar santri dan pelajar.


“Untuk kegiatan yang ditangani oleh MWCNU se-Kabupaten Pringsewu yakni Ziarah Ulama NU Pringsewu, Bersih-Bersih Masjid, Kegiatan Santunan, Istighotsah, dan kegiatan lain yang merupakan inisiatif dari MWC,” tambahnya.


Seiring dengan waktu menunggu puncak hari santri, berbagai kegiatan akan terus bertambah dan dirancang oleh Badan Otonom, Lembaga, dan MWC sampai dengan tanggal 20 September 2022 mendatang. Kegiatan pembukaan rangkaian kegiatan hari santri akan digelar pada awal Oktober 2022.


“Puncak kegiatan nantinya kita akan menggelar Istighotsah dan juga Apel Hari Santri yang akan dikolaborasikan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu,” pungkasnya. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru