• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 5 Februari 2023

Warta

Inilah Para Pengurus JP3M, Forum Bu Nyai Pesantren Se-Lampung

Inilah Para Pengurus JP3M, Forum Bu Nyai Pesantren Se-Lampung
Pelantikan Pengurus JP3M Lampung. (Foto: Istimewa)
Pelantikan Pengurus JP3M Lampung. (Foto: Istimewa)

Kalianda, NU Online Lampung
Bertempat di Pesantren Istiqomah Al-Amin Cinta Mulya, Lampung Selatan, Ahad (16/1/2022), Pengurus Jam'iyah Perempuan Pengasuh Pesantren Dan Mubalighah (JP3M) Provinsi dan 15 Kabupaten/Kota  Se-Lampung Dilantik. Pengurus ini dilantik oleh Ketua Umum JP3M Pusat Nyai Hj Hanik Maftuchah Afif AH, Pengasuh Pondok Pesantren Surojurrahim Temanggung, Jawa Tengah.


Nyai Hanik memberikan apresiasi pada acara tersebut karena bisa berjalan dengan meriah, elegan, dan sukses serta dihadiri maksimal oleh sekitar oleh 436 pengurus. Pelantikan ini juga semakin spesial karena dihadiri oleh Wakil Gubernur Lampung ibu Hj Chusnunia Chalim.


Dalam Sambutannya Nyai Hanik menjelaskan bahwa JP3M adalah organisasi yang lahir dari kalangan pesantren guna memperkuat jaringan pesantren nusantara termasuk pengelolaan atau manajemenya. JP3M juga menjadi wadah untuk  menciptakan perempuan pengasuh pesantren dan mubalighah yang memiliki keunggulan keilmuan keagamaan, kompetensi, dan independensi serta berkhidmah dalam memdakwahkan Islam Ahlussunah wal jama'ah.


"Kunu rabbaniyyiina bima kuntum tu’allimuuna wabimaa kuntum tadrusuun. Memiliki jiwa pengayom, dengan terus mendakwahkan, mengajarkan dan mengamalkan ilmu, serta mau terus belajar,” katanya mengutip ayat Al-Qur’an yang selaras dengan pentingnya seorang bu nyai dan pemimpin umat untuk menjadi teladan.


Adapun Ketua JP3M Lampung adalah Hj Heni Insiyah dan didampingi oleh Hj Malikah Sa’adah sebagai Sekretaris dan Hj Maryam sebagai Bendahara. Hj Heni pada kesempatan tersebut mengatakan siap siap menerima amanah, menjalankan, dan mewujudkan cita-cita JP3M di Lampung.  Ia berharap dukungan dari berbagai pihak, khususnya pengurus pusat, untuk majunya organisasi tersebut.


Berikut Ketua JP3M Kabupaten/Kota di Provinsi lampung:  Lampung Selatan: Syarifah Fita Nahdiyah Assegaf, Lamtim: Nyai Iriyana Wahidah, Metro: Nyai Siti Hinduniyah, Pesibar: Nyai Siti Rohma Yasin, Lampung Barat: Nyai Khamidah, Mesuji: Nyai Siti Farida, Way Kanan: Nyai Ermayanti, Tubaba: Nyai Mumtikhanah, Bandar Lampung: Nyai Siti Masyithoh, Pesawaran: Nyai Lu'lu'ul Ma'shumah Abrori, Pringsewu: Nyai Rohani Fitriani Sobri, Tulang Bawang: Nyai Zulaikhah, Lampung Utara: Nyai Mustafa'ah Imam, Tanggamus: Nyai Yulisna, Lampung Tengah: Nyai Siti Roehana.


Kontributor: Dzuriya M.L Ningrum
Editor: Muhammad Faizin


Warta Terbaru