• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 23 April 2024

Warta

8950 Peserta Ikuti Apel Akbar Hari Santri Nasional 2023 di Lampung Barat

8950 Peserta Ikuti Apel Akbar Hari Santri Nasional 2023 di Lampung Barat
Pemberian hadiah perlombaan hari santri nasional di Lampung Barat, Ahad (22/10/2023). (Foto: Istimewa)
Pemberian hadiah perlombaan hari santri nasional di Lampung Barat, Ahad (22/10/2023). (Foto: Istimewa)

Lampung Barat, NU Online Lampung

Pelaksanaan apel akbar peringatan hari santri nasional 2023 dilaksanakan di beberapa tempat di Kabupaten Lampung Barat, Ahad (22/10/2023). Kegiatan tersebut diperkirakan dilakukan oleh 8950 Nahdliyin se-Lampung Barat. 


Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat, Nukman diwakili Asisten III Ismet Inoni menyampaikan, santri hidup di tengah dunia digital yang tidak bisa dihindari. 


“Internet adalah bingkisan kecil dari kemajuan nalar yang menghubungkan manusia sejagat dalam dunia maya. Internet juga mempunyai manfaat dan mudharat yang sama-sama besar,” ujarnya di hadapan ribuan peserta Apel Akbar Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Lapangan upacara Kecamatan Air Hitam, Lampung Barat. 


Ia mengatakan, internet telah digunakan untuk menyebarkan pesan-pesan kebaikan dan dakwah Islam.

 

Tetapi internet juga, ada yang menyalahgunakannya untuk merusak harga diri martabat seseorang dengan fitnah dan berita bohong atau hoaks.


“Saya mengimbau agar santri dapat memperalat teknologi informasi sebagai media dakwah dan sarana untuk menyebarkan kebaikan serta kemashalatan,” tuturnya. 


Kemudian mereduksi penggunaannya yang tidak sejalan, dengan upaya untuk menjaga agama, jiwa, nalar, harta keluarga dan martabat seseorang. 


“Sebagai santri harus mampu melihat konteks dan realita dalam suatu masyarakat, karena pada dasarnya budaya santri yaitu moralitas dan intelektualitas Islam itu sendiri,” ungkapnya. 


Ia melanjutkan, sebagai agen perubahan, santri memang berkewajiban memahami kultur masyarakat yang dihadapi.


Di akhir apel akbar didampingi Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial, Kepala Kemenag H Muhammad Yusuf, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kiai Imam Syafei, dan jajaran Pengurus NU.

 

Kemudian Ketua MUI H Pairozi membagikan hadiah perlombaan HSN, dan beasiswa pendidikan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada santri. 


Hari Santri 2023 dengan tema Jihad Santri Jayakan Negeri di Kabupaten Lampung Barat selain dilaksanakan di Lapangan Kecamatan Air Hitam dan Pondok Pesantren Ihyaut Tholibin Pekon (Desa) Semarang Jaya dengan peserta 2.500.

 

Juga dilaksanakan di beberapa tempat seperti Lapangan Sekincau Yayasan Nurul Iman dengan 700 peserta, lalu di halaman Gedung MWCNU Bandar Negeri Suoh 1.200 peserta.


Kemudian Lapangan Merdeka Kecamatan Kebun Tebu 750 orang, Pondok Pesantren Al Ittihad Way Tenong dengan peserta 500 orang, Pondok Pesantren Miftahul Huda Sumber Jaya 1.000 peserta, Pondok Pesantren Roudlotus Sholihin Air Hitam 1000 peserta.


Selanjutnya di Pagar Dewa tercatat 700 peserta di Pondok Pesantren Al Falah, MWCNU Batu Ketulis di Lapangan Pekon Campang Tiga dengan peserta 600.

 

Lalu di GSG Pusaka MWCNU Kecamatan Suoh jumlah peserta 1.000 orang, dengan total tercatat 8.950 peserta rayakan Apel Akbar HSN 2023 di Kabupaten Lampung Barat.

(Duta Suhanda)
 


Warta Terbaru