• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 4 Februari 2023

Warta

1000 Santri Ikuti Peringatan Upacara Hari Santri Nasional di Way Kanan

1000 Santri Ikuti Peringatan Upacara Hari Santri Nasional di Way Kanan
Peringatan Hari Santri Nasional di Way Kanan (Foto: Istimewa)
Peringatan Hari Santri Nasional di Way Kanan (Foto: Istimewa)

Way Kanan, NU Online Lampung

Peringatan upacara hari santri nasional 2022 tingkat kabupaten Way Kanan diselenggarakan di Lapangan Pesantren Alfalakhussaadah Kecamatan Pakuan Ratu, Way Kanan, Sabtu (22/10/2022).  


Dalam sambutan Menteri Agama RI yang dibacakan Kabag Kesra Pemkab Way Kanan mewakili Bupati Way Kanan, Andi Oktoviandi  mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 1000 peserta santri dan berbagai organisasi keagamaan. Peringatan hari santri nasional merupakan merefleksikan santri dalam sejarahnya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia, sejak zaman penjajahan hingga pasca kemerdekaan.


“Saat ini, santri terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, agama, ekonomi, dan juga ilmu pengetahuan,” ujarnya.


Lebih lanjut ia mengatakan santri tidak melupakan tugas utamanya yaitu menjaga agama itu sendiri. Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya. 


“Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan. Karena menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs merupakan salah satu tujuan diturunkannya agama di muka bumi,” ungkapnya.


Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama. Apalagi di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk. Bagi santri, menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia.


Dalam momentum hari santri ini, pemerintah mengajak para santri untuk berkolaborasi bersama dan stakeholder lainnya guna memberikan sumbangsihnya dalam membangun Kabupaten Way Kanan sehingga diharapkan ke depan menjadi lebih baik.


“Mari kita bangun sinergi antara pemerintah, santri, dan stakeholder lainnya guna mewujudkan Way Kanan Bermartabat,” katanya.


Kegiatan HSN Tingkat Kabupaten Way Kanan dimulai dengan lomba santri yakni lomba Syarhil Qur'an, Tartil Qur’an, Tilawatil Qur’an, Tahfidzul Qur’an, Qiroatul Kutub, Adzan Anak-anak yang pesertanya dari  berasal dari pondok pesantren dan taman pendidikan qur’an (TPQ)  se-Kabupaten Way Kanan. Lalu gebyar sholawat bersama Habib Abdurrahman bin Abdullah Assegaf dari Negara Batin.


Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Way Kanan beserta seluruh ASN Kemenag Way Kanan, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) KH Nurhuda beserta badan otonom (banom), dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

(Teddy Heriyanto)
 


Warta Terbaru