• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Walikota Bandar Lampung: Semangat Nasionalisme Harus Terus Tumbuh Meski Zaman Selalu Berganti

Walikota Bandar Lampung: Semangat Nasionalisme Harus Terus Tumbuh Meski Zaman Selalu Berganti
Walikota Bandar Lampung menjadi pembina upacara Hari Santri Nasional di Pesantren Al Hikmah, Sabtu (22/10/2022)
Walikota Bandar Lampung menjadi pembina upacara Hari Santri Nasional di Pesantren Al Hikmah, Sabtu (22/10/2022)


Bandar Lampung, NU Online Lampung

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Ke-8 tahun 2022, Pondok Pesantren Al Hikmah Kedaton Bandar Lampung menggelar upacara peringatan Hari Santri di lapangan utama Pesantren Al Hikmah, Kedaton, Bandar Lampung, Sabtu (22/10/2022).


Peringatan HSN itu merupakan kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandar Lampung dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bandar Lampung.

 

Walikota Bandar Lampung, Hj Eva Dwiana menjadi pembina upacara Hari Santri  yang turut dihadiri oleh Kepala Kemenag Kota Bandar Lampung H Makmur, Rais Syuriah PCNU Bandar Lampung KH Izzudin Abdussalam dan  Ketua  PCNU Bandar Lampung Ustadz Ichwan Aji Wibowo, dan Pengasuh Pesantren Al Hikmah KH Basyaruddin Maisir.
 

Dalam amanahnya walikota mengatakan, peran para ulama, santri dan kiai sangat besar bagi bangsa Indonesia dalam menciptakan masyarakat yang adil dan makmur.

 

"Sejarah mencatat para alim ulama, santri serta para kiai berjuang mewujudkan kemerdekaan Indonesia, serta mewujudkan cita-cita kemerdekaan menuju pintu gerbang masyarakat yang adil dan makmur," katanya.

 

Hj Eva Dwiyana menyatakan,
semangat nasionalisme berbangsa dan bernegara harus selalu tumbuh meski zaman selalu berganti. Semangat patriotisme bukan hanya milik para pahlawan masa lalu, akan tetapi milik kita semua.

 

"Tantangan yang kita hadapi hari ini tentu berbeda. Akan tetapi semangat integritas berbangsa dan bernegara tidak boleh putus, apalagi di tengah arus budaya dan ideologi nasional yang semakin masif," paparnya.

 

Bunda Eva, sapaan akrab wali kota tersebut meminta  seluruh masyarakat kota Bandar Lampung khususnya para alim ulama, kiai dan santri untuk mendoakan pemerintah Kota Bandar Lampung, sehingga selalu menjalankan program-programnya

 

"Bunda minta bantuan doanya bagi seluruh masyarakat Kota Bandar Lampung, karena jika kota Bandar Lampung tidak didoakan oleh alim ulama, para kiai, tokoh agama, kami tidak bisa berbuat apa-apa. Tapi jika didoakan dengan seluruh masyarakat, Kota Bandar Lampung insyaallah apa yang kita lakukan ini untuk kesejahteraan masyarakat kota Bandar Lampung," ujarnya.

 

Dia menambahkan, Pemerintah Kota Bandar Lampung yang dibantu oleh PCNU kota Bandar Lampung dan Kemenag akan memberikan beasiswa bagi anak-anak yang akan  mondok di pesantren yang ada di seluruh kota Bandar Lampung.

 

"Pemkot dibantu oleh pengurus NU yang ada di Kota Bandar Lampung, bersama Kemenag mengadakan program untuk pesantren dan juga masyarakat Kota Bandar Lampung, yakni memberikan beasiswa bagi anak yang akan mondok,"  ungkapnya. 

 

Acara yang sangat meriah dan ini melibatkan berbagai pihak dan instansi. Mulai dari Pemkot Bandar Lampung, Kemenag kota Bandar Lampung, Polres Kota Bandar Lampung, pengurus dan santri Pesantren Al Hikmah, Banser, Pagar Nusa Bandar Lampung, dan Pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Se-Kota Bandar Lampung.


Selain itu hadir juga Linmas lingkungan 3 Kedaton, Satpam, Babinsa Kedaton, serta masyarakat sekitar Kedaton Bandar Lampung.  


(Yudi Prayoga)


Warta Terbaru