• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 5 Februari 2023

Warta

Pusat Ekonomi Umat, Kesehatan dan Pendidikan, Gedung Lampung Nahdiyin Center Diresmikan

Pusat Ekonomi Umat, Kesehatan dan Pendidikan, Gedung Lampung Nahdiyin Center Diresmikan
Kiai Said Aqil Siroj saat meresmikan Gedung Lampung Nahdiyin Center (Foto: Istimewa)
Kiai Said Aqil Siroj saat meresmikan Gedung Lampung Nahdiyin Center (Foto: Istimewa)

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Gedung Lampung Nahdiyin Center (LNC) yang beralamat di Rajabasa Raya, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung telah sukses dibangun, dan diresmikan pada Senin (15/8/2022). Gedung ini didirikan bertujuan untuk memperkuat ekonomi umat, pendampingan kesehatan, dan penguatan pendidikan.


Inisiator pembangunan gedung dan juga dewan Pembina Lampung Nahdiyin Center, Prof Karomani dalam sambutannya mengatakan, asal mula pembangunan gedung LNC ini adalah sebab keikhlasan para dermawan dengan tujuan untuk memperkuat ekonomi umat, pendampingan kesehatan, dan penguatan pendidikan.


“Awal mula gedung ini dibangun yaitu kemauan dermawan dosen Nahdlatul Ulama Universitas Lampung (NU Unila) yang mengikuti Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) pada waktu itu, dengan latar belakang untuk memperkuat ekonomi umat, pendampingan kesehatan, dan penguatan pendidikan,” katanya.


Menurut Wakil Ketua PWNU Lampung ini, dahulu KH Said Aqil Siroj yang melakukan peletakan batu pertama di gedung Lampung Nahdiyin Center ini.


“Saya ingat dua tahun lalu Pak Kiai yang melakukan peletakkan batu pertama di gedung ini, dan Alhamdulillah hari ini Pak Kiai juga dapat meresmikannya. Semoga gedung ini dapat bermanfaat untuk banyak orang,” ujarnya. 


Adapun Kiai Said Aqil Siroj dalam ceramahnya menyampaikan, kandungan Surat Al-Ahzab ayat 72, sesungguhnya kami telah menawarkan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, tetapi semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir tidak akan melaksanakannya (berat), lalu dipikullah amanat itu oleh manusia. Sungguh, manusia itu sangat zalim dan sangat bodoh.


Lebih lanjut, Mustasyar Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) menjelaskan amanah yang diberikan Allah kepada manusia itu ada dua yaitu amanah agama dan amanah insaniyah.


“Amanah agama yaitu aqidah dan syariah dan amanah insaniyah berupa tsaqofah (humanity) dan hadhoroh (mencapai kemajuan dengan materi).  Semoga dengan hadhoroh pendirian LNC ini bisa memberikan banyak manfaat untuk umat,” paparnya.


Setelah pemberian mauizhah hasanah gedung Lampung Nahdiyin Center (LNC) ini pun diresmikan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmah 2010-2021, Prof KH Said Aqil Siroj.


Acara peresmian ini dihadiri oleh berbagai kalangan seperti perwakilan kepengurusan PWNU dan PCNU di Provinsi Lampung, Badan Otonom (Banom) NU, para akademisi di lingkungan Universitas Lampung, Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) di Bandar Lampung, organisasi berafiliasi dengan NU bahkan juga menghadirkan Qori’ terbaik 1 Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional Mesir, Mumtaz Wafiq Al Jinan. (Imam Mahmud)
 


Warta Terbaru