• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

NU Bandar Lampung Turut Berduka Atas Wafatnya Cendekiawan Muslim Ahmad Syafii Maarif

NU Bandar Lampung Turut Berduka Atas Wafatnya Cendekiawan Muslim Ahmad Syafii Maarif
Buya Ahmad Syafii Maarif
Buya Ahmad Syafii Maarif

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Kabar duka datang dari Yogyakarta, Cendekiawan Muslim, Buya Ahmad Syafii Maarif (86) meninggal dunia pada Jumat (27/5/2022). Kabar ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir. 


“Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tanggal 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping,” ucap Haedar Nashir dalam akun twitternya, Jumat (27/5/2022).


Lebih lanjut ia mengatakan semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na’im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan doa dari semuanya. Mengenai pemakaman dan lain-lain informasinya akan menyusul.


Mendengar kabar duka tersebut, Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bandar Lampung Ichwan Adjie Wibowo mengungkapkan turut berbela sungkawa yang mendalam karena kehilangan sosok mutiara bangsa. 


“Saya atas nama pribadi dan keluarga besar NU Kota Bandar Lampung turut berduka cita karena kehilangan tokoh panutan dan juga guru bangsa yang penuh dengan kesederhanaan,” ungkapnya. 


Lebih lanjut ia mengatakan, meminta kepada seluruh elemen bangsa untuk mendoakan sekaligus meneruskan perjuangan dan menyebarkan spirit kebangsaan yang selalu beliau perjuangkan selama hidup. 


“Mari kita doakan beliau, lalu ketauladanan dan spirit kebangsaan serta kebhinekaan yang tak lekang beliau gaungkan harus terus kita lanjutkan,” katanya. 


Seperti diketahui Buya Ahmad Syafii Maarif adalah Ketua Umum PP Muhammadiyah  periode1998-2005..Ia dilahirkan di Sumatera Barat pada 31 Mei 1935. Menempuh pendidikan sarjana di S-1 Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS), Universitas Negeri Yogyakarta (1968), magister di S-2 Ohio State University, Amerika Serikat (1980), dan doktoral di S-3 University of Chicago, Amerika Serikat (1983). (Sunarto)
 


Warta Terbaru