• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 23 April 2024

Warta

Meriahkan Hari Santri 2023, KBNU Kalirejo Gelar Istighotsah dan Shalawat Bersama

Meriahkan Hari Santri 2023, KBNU Kalirejo Gelar Istighotsah dan Shalawat Bersama
Istighotsah dan Shalawat bersama KBNU Kalirejo, Lampung Tengah peringati HSN 2023, Sabtu 21/10/2023). (Foto: Istimewa).
Istighotsah dan Shalawat bersama KBNU Kalirejo, Lampung Tengah peringati HSN 2023, Sabtu 21/10/2023). (Foto: Istimewa).

Lampung Tengah, NU Online Lampung 

Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) Kecamatan Kalirejo, Lampung Tengah menyelenggarakan istighotsah dan shalawat bersama di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al Mukhlish, Sabtu (21/10/2023) malam.

 

Kegiatan tersebut digelar atas kerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Kalirejo, PPTQ Al-Mukhlish, Majelis Wakil Cabang Nahdlat Ulama (MWCNU) Kalirejo, dan Badan Otonom (Banom) NU. Kegiatan diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2023.

 

Pengasuh PPTQ Al-Mukhlish Kalidadi, KH Ahmad Rofiuddin Mahfudz, menyampaikan pentingnya peran santri dalam membangun negeri.

 

“Dengan dilegalkannya peringatan HSN oleh Pemerintah Indonesia, maka tugas selanjutnya adalah menjadikan momentum HSN sebagai penambah semangat perjuangan ulama-ulama terdahulu yang ikut berperan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ihya KH Lasno Hamid Al-Asna, Jajaran Pengasuh PPTQ Al-Mukhlish Kiai Fathurrohman, Lurah Kalidadi Supono, H Warisno, Anggota DPRD Lampung Tengah Muslim Ansori, Habib Jindan Al-Athas, Gus Muhammad Masruri Yasin, dan para Tokoh NU.

 

Sementara itu, Ketua MWCNU Kalirejo, Warisno mengatakan, acara ini sudah 2 kali diselenggarakan yaitu pertama ada di Srimulyo dan yang kedua ada di PPTQ Al-Mukhlish.

 

“Kemudian tahun yang akan datang diselenggarakan di Pondok Pesantren Al-Ihya Kalirejo. Dan ini harus senantiasa digaungkan dan disemarakkan baik dari instansi pemerintah, serta akan senantiasa didukung oleh kalangan santri,” ungkapnya.

 

Ia melanjutkan, ini berarti pemerintah memang benar-benar sangat menghargai ulama-ulama NU. Mengakui perjuangan para santri, hingga hadiah terindah adalah diperingatinya Hari Santri Nasional.

 

Ketua Panitia, Taat Rianto mengatakan, rangkaian pra acara ini telah diadakan perlombaan di antaranya lomba futsal antar pesantren dan Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ), dan malam ini yaitu shalawat dan istighotsah.

 

“Untuk kirab HSN dilaksanakan dengan upacara, dan dilanjutkan dengan jalan sehat yang dimulai dan finish di PPTQ Al-Mukhlish. Juga dengan berbagai hadiah yang telah disediakan,” katanya.

 

Jalan sehat akan diikuti ribuan warga masyarakat dan santri dari berbagai daerah Lampung khususnya warga Lampung Tengah.

 

Ketentuan dalam jalan sehat ini yaitu menggunakan atribut meniru pahlawan Islam, dan panitia telah menyiapkan banyak doorprize.

(Ar Rozi)


Warta Terbaru