• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Warta

Inilah Para Petugas Haji Daerah Lampung Hasil Seleksi Tahun 2022

Inilah Para Petugas Haji Daerah Lampung Hasil Seleksi Tahun 2022
Ilustrasi petugas haji
Ilustrasi petugas haji

Bandarlampung, NU Online Lampung

Kementerian Agama Lampung telah menggelar Rekrutmen Calon Petugas Haji Daerah (PHD) Tahun 1443 H/2022 M yang diselenggarakan oleh Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU). Seleksi ini yang diselenggarakan pada Kamis (12/5/2022) ini diikuti sebanyak 30 orang peserta di Aula Arafah Asrama Haji Rajabasa Provinsi Lampung. 


Dari seleksi tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Lampung Puji Raharjo telah mengeluarkan surat tertanggal 13 Mei 2022 Nomor B-825/Kw.08.4/3/Hj.02/5/2022 tentang Hasil Seleksi PHD Tahun 1443H/2022M. 


“Berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 56 tahun 2022 tanggal 22 Februari 2022 tentang pedoman seleksi Petugas Haji Daerah tahun 1443 H/2022 M, maka dengan ini kami sampaikan hasil seleksi dimaksud sebagai data terlampir,” demikian bunyi surat yang ditandatangani langsung oleh Kakanwil Kemenag Lampung, Puji Raharjo. 


Surat tersebut dilampirkan 3 lembar data. Lembar pertama berisi 15 nama peserta yang meraih nilai tinggi dan lembar kedua berisi seluruh nama-nama para peserta lengkap dengan nilai yang berjumlah 30 orang. 


Sebelumnya Ketua Panitia Rekrutmen Calon PHD Yusuf Zulkarnain menjelaskan bahwa tugas PHD adalah membantu Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Kloter dalam memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah haji. 


Dalam seleksi ini, setiap peserta mengikuti tiga tahapan yakni pertama, tahapan dengan menggunakan sistem berbasis komputer yakni Computer Assisted Test atau CAT. 
Tes ini menjamin rekrutmen calon petugas haji daerah Provinsi Lampung yang profesional, amanah, adil, dan berintegritas. 


“Waktu seleksi menggunakan aplikasi CAT selama 90 menit dengan jumlah soal setiap bidang tugas 100 soal dengan model jawaban multiple choice (memilih jawaban yang dianggap benar pada kolom jawaban),” ujarnya dikutip dari laman Kemenag Lampung. 


“Tes menggunakan CAT ini memiliki bobot 40% dengan kategori soal wawasan kebangsaan, manasik/ibadah, dan tugas fungsi,” imbuhnya. 


Kedua, tahapan pendalaman tugas. Dalam tahapan ini, seluruh peserta diberikan waktu selama 30 menit untuk menjawab secara tertulis sebanyak 8 naskah soal berupa essay dan mengembangkannya sesuai dengan pola fikir yang dimiliki peserta masing-masing. 


Ketiga, tahapan wawancara. Dalam tahapan ini, seluruh peserta dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok I dan II. Mereka juga akan diberikan pertanyaan oleh Tim Penguji. 


“Waktu seleksi wawancara dilaksanakan setelah dilaksanakan seleksi CAT dan tertulis terkait dengan pendalaman tugas dan fungsinya diberikan selama maksimal 7 jam untuk seluruh peserta dengan durasi masing-masing peserta maksimal 15 menit,” imbuhnya. 


“Penilaian tes tulis pendalaman bidang tugas dan wawancara memiliki bobot nilai sebesar 60%,” tuturnya. 


Berikut nama yang masuk dalam 15 besar petugas haji daerah Provinsi Lampung: 

1. Artyca Wahyu Utami, PHD-Kesehatan Lampung Utara

2. Ahmad Faoji, PHD-Layanan Umum  Lampung Timur

3. Nasirwan Ali PHD-Layanan Umum Metro

4  M Ali PHD-Layanan Umum Waykanan

5. A. Kholil S. PHD-Layanan Umum Lampung Selatan

6. Sri Aryanti PHD-Kesehatan Kanwil Lampung

7. Mahmudin Bunyamin PHD-Layanan Umum Kanwil Lampung

8. Ria Andari PHD-Layanan Umum Kanwil Lampung

9. Nanang Sigit PHD-Layanan Umum Kanwil Lampung

10. Ahmad Nanda Riawan Saputro PHD-Kesehatan Bandarlampung

11. M. Sofyan PHD-Layanan Umum Pringsewu

12. Pairozi PHD-Layanan Umum Lampung Barat

13. Nuryani PHD-Layanan Umum Lampung Tengah

14. Rohmadi PHD-Layanan Umum Tubaba

15. Rohmadi Saifulloh PHD-Layanan Umum Tulang Bawang 

(Muhammad Faizin)
 


Warta Terbaru