• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Kamis, 26 Mei 2022

Warta

Inilah Jumlah Jamaah, Kloter, dan Petugas Haji Lampung 2022

Inilah Jumlah Jamaah, Kloter, dan Petugas Haji Lampung 2022
Jamaah haji Lampung tahun 2019. (Foto: Faizin/NU Online)
Jamaah haji Lampung tahun 2019. (Foto: Faizin/NU Online)

Bandarlampung, NU Online Lampung
Pada musim haji tahun 2022, Provinsi Lampung akan memberangkatkan jamaah haji ke tanah suci setelah dua tahun tidak mendapatkan kuota akibat pandemi Covid-19. Selain jamaah haji, pemerintah juga sudah menyiapkan para petugas yang akan mendampingi para jamaah di beberapa kloter yang sudah ditentukan.


Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung H Marwansyah menjelaskan bahwa pada tahun ini, Provinsi Lampung akan menerbangkan 3.198 jamaah haji. Mereka akan didampingi oleh 16 petugas TPHD, 5 petugas KBIHU, 2 petugas tenaga kesehatan yang meliputi 1 dokter dan 1 perawat.


Pihaknya pun sudah menyiapkan asrama haji yang untuk menampung jamaah yang diperkirakan 7 atau 8 kloter. Pihaknya juga telah melakukan percepatan persiapan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Ia meminta maaf jika dalam upaya percepatan tersebut ada yang terlewatkan prosesnya dan untuk bersama mengingatkan.


“Maka dari itu saya berharap dalam rapat ini kita dapat saling mengingatkan apa yang belum dibahas atau dilakukan, untuk dapat menjadi masukan bersama demi suksesnya penyelenggaraan haji tahun 2022 yang sudah di depan mata,” tambahnya saat bersama dengan Biro Kesra dan Dinas Kesehatan Pemprov Lampung, KKP Panjang, Angkasa Pura Bandara Inten II dan pihak terkait menggelar rapat persiapan pemberangkatan CJH Tahun 1443 H/2022 M di Aula Pepadun Kanwil Kemenag Lampung, Rabu (11/5/2022).


Pada kesempatan tersebut, Kepala Biro Kesra Provinsi Lampung Ria Andari menyatakan bahwa setelah mendapat informasi dari Menteri Agama beberapa waktu yang lalu bahwa tahun 2022 ada pemberangkatan jemaah haji, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Biro Kesra langsung bergerak cepat.


“Kami bergerak cepat mengadakan tender/lelang maskapai/pesawat untuk mengangkut jamaah dari  Bandar Lampung ke Jakarta, mempersiapkan armada angkutan darat dari asrama haji ke bandara, kemudian X-ray dan mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pemberangkatan dan pemulangan secara maksimal,” jelasnya dikutip dari laman Kemenag Lampung.


Sementara terkait dengan syarat vaksinasi lengkap, para calon jamaah haji bisa mendatangi fasilitas kesehatan terdekat (puskesmas) untuk mendapatkan vaksinasi booster yang terintegrasi dengan aplikasi peduli lindungi. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru