• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 4 Februari 2023

Warta

Alhamdulillah, Jamaah Umrah Perdana Lampung 2022 Diberangkatkan

Alhamdulillah, Jamaah Umrah Perdana Lampung 2022 Diberangkatkan
Pelepasan jamaah umrah di Bandara Raden Intan Lampung. (Foto: Kemenag Lampung)
Pelepasan jamaah umrah di Bandara Raden Intan Lampung. (Foto: Kemenag Lampung)

Bandarlampung, NU Online Lampung
Pada tahun 2022 ini, pemerintah membuka kembali kesempatan bagi umat Islam untuk melaksanakan ibadah umrah. Hal ini setelah Arab Saudi menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang diizinkan memberangkatkan jamaah setelah sekian lama vakum akibat pandemi Covid-19.

Namun kebijakan pemberangkatan jamaah umrah di tahun 2022 ini menerapkan skema One Gate Policy atau kebijakan satu pintu. Kebijakan ini mewajibkan seluruh jamaah umrah dari seluruh provinsi di Indonesia untuk berangkat hanya melalui satu bandara yakni Soekarno Hatta di Jakarta.

Termasuk jamaah umrah perdana di tahun 2022 dari Provinsi Lampung yang pada Rabu (19/1/2022) dilepas keberangkatannya ke Jakarta dari Garuda Lounge Airport Bandara Raden Inten Lampung II. Jamaah perdana ini berjumlah sembilan orang yang berasal dari travel Ameera Mekkah.

Saat melepas jamaah ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung H Juanda Naim menyampaikan syukur dan bahagianya karena jamaah umrah dari Lampung bisa berangkat ke tanah suci. Ia menepis isu yang beredar di masyarakat tentang diberhentikannya umrah.

“Pemerintah melalui Kementerian Agama di bawah komando Menteri Agama Yaqut Qholil Qoumas berkomitmen untuk terus mengevaluasi pelaksanaan ibadah umrah dan tidak benar menghentikan, evaluasi dibutuhkan karena umrah di masa Pandemi Covid-19 harus mematuhi protokol kesehatan demi memberikan perlindungan kepada jamaah,” jelasnya dikutip dari laman Kanwil Kemenag Lampung.

Ia berharap kepada jamaah untuk benar-benar mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan selama proses ibadah umrah. Karena ke depan harapannya pemerintah Arab Saudi akan membuka kembali kesempatan untuk menjalankan ibadah haji.

“Saya berpesan agar jamaah umrah dapat menjaga nama baik sebagai warga negara Indonesia, Masyarakat Provinsi Lampung khususnya, agar menjadi suri tauladan, menjaga prokes dan tertib dan semoga menjadi mabrur dan mabrurah dan kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat walafiat,” pungkasnya.

Berdasarkan data Kemenag, sejak pemberangkatan perdana pada 8 Januari 2022, total 1.731 jamaah umrah yang telah diberangkatkan melalui Asrama Haji Embarkasi Pondok Gede Jakarta. Semua jamaah umrah asal Indonesia ini diterbangkan ke Arab Saudi menggunakan skema Kebijakan Satu Pintu atau One Gate Policy (OGP).  

 

Melalui skema ini seluruh jamaah umrah wajib menjalani karantina selama sehari sebelum terbang ke Arab Saudi melalui Bandara Soekarno Hatta. Sebelum terbang, jamaah juga diharuskan melakukan screening kesehatan dan kelengkapan dokumen, termasuk pemeriksaan PCR standar dari Kementerian Kesehatan di Asrama Haji Pondok Gede. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru