• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 4 Februari 2023

Warta

Harlah Pesantren Nurul Qodiri, Hadirkan Kiai Ahmad Kafabihi dan Gus Azmi

Harlah Pesantren Nurul Qodiri, Hadirkan Kiai Ahmad Kafabihi dan Gus Azmi
Gus Azmi dan Gus Ahmad Kafa dalam pengajian akbar Pesantren Nurul Qodiri, Lampung Tengah
Gus Azmi dan Gus Ahmad Kafa dalam pengajian akbar Pesantren Nurul Qodiri, Lampung Tengah

Lampung Tengah, NU Online Lampung 

Pondok Pesantren Nurul Qodiri menggelar pengajian akbar dan shalawat dalam rangka memperingati hari lahir  (harlah) pesantren tersebut yang ke-17. Pengajian  akbar itu menghadirkan  Pengasuh Pesantren Lirboyo Jawa Timur Kiai Ahmad Kafabihi dan Ning Sheila Hasina, serta Muhammad Ulul Azmi Askandar al-Abshor (Gus Azmi), vokalis  group shalawat Syubbanul Muslimin.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di Pesantren Nurul Qodiri,  Jumat malam (2/12/2022) yang berada di Desa Lempuyang Bandar, Kecamatan Way Pengubuan, Lampung Tengah,  itu juga sekaligus untuk merayakan haul Syeikh Abdul Qodir Al Jailani. 

 

Dalam tausiyahnya, Kiai Ahmad Kafabihi  mengatakan, membaca shalawat untuk Nabi memiliki maksud mendoakan atau memohonkan berkah kepada Allah swt. Shalawat adalah sebuah ibadah yang mahdhah yakni sebuah ibadah yang murni karena Allah swt. 

 

“Dalam membaca shalawat tidak ada batasan jumlahnya, selama tidak melanggar syariat Islam. Manfaat dari membaca shalawat adalah mendapat syafa'at dari Nabi Muhammad saw dan mahabbah dalam diri,” katanya.

 

Kiai Ahmad menjelaskan, syafaat adalah sebuah ibadah yang disyariatkan oleh Allah swt. “Shalawat itu ibadah yang mahdhah, yakni ghoiru mukhoyyam . Sebuah ibadah yang murni datang dari Allah, atas perintah Allah. Orang yang melakukan sholawat sudah bernilai ibadah,” tuturnya.

 

Kiai Ahmad Khafabihi juga berharap agar ke depannya Pondok Pesantren Nurul Qodiri semakin jaya dan sukses, khususnya bagi para santri yang sedang menuntut ilmu. 

 

 “Semoga apa yang kita lakukan malam ini bisa mendapat ridho dari Allah swt. Dan semoga kita mendapat barokah dari haul Syekh Abdul Qodir Al Jailani dan Pesantren Nurul Qodiri semakin jaya dan sukses serta menjadi kebanggaan semua warga Lampung Tengah,” katanya.


Turut hadir dalam acara ini Rais Syuriah PWNU Lampung Kiai Muhsin Abdillah, Ketua GP Ansor Lampung Hidir Ibrahim,  Bupati Lampung Tengah H Musa Ahmad,  serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat. 


Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Kiai Ahmad Khafabihi dan Gus Azmi, dan berharap kehadiran mereka bisa menambah keberkahan bagi Kabupaten Lampung Tengah dan Pondok Pesantren Nurul Qodiri. 

 

 “Saya sangat berbahagia bisa berada di tengah-tengah keluarga besar Pondok Pesantren Nurul Qodiri serta dapat bersilaturahim dengan para kiai,  ibu nyai, alim ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat. “Semoga kehadiran kita dalam acara ini dicatat Allah sebagai amal ibadah yang bermanfaat baik dunia maupun di akhirat,” katanya. 


(Febriyani Hesti Wening/Ghea Ninda)


Warta Terbaru