• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 9 Desember 2022

Warta

Ajakan LD PBNU pada Nuzulul Qur’an PCINU Australia-New Zealand

Ajakan LD PBNU pada Nuzulul Qur’an PCINU Australia-New Zealand
Sekretaris Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Nurul Badruttamam
Sekretaris Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Nurul Badruttamam

Sydney, NU Online Lampung
Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Australia-New Zealand menggelar peringatan Nuzulul Quran pada Sabtu (16/4/2022). Kegiatan bertema Taddabur Alquran di Zaman Digital ini dihadiri secara daring oleh Sekretaris Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Nurul Badruttamam sekaligus menjadi pemateri pada acara tersebut.


Dalam mauidzah hasanahnya, Kiai Nurul menyampaikan pentingnya mentadabburi Al-Qur’an dan mendakwahkannya di era digital saat ini. Ia mengajak semua elemen umat untuk mendakwahkan Al-Qur’an dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya melalui media sosial yang biasa digunakan.


"Sebagai bagian dari mentadabburi Al-Qur’an, kami mengajak semuanya untuk berdakwah di media sosial dengan konten yang menarik sehingga seluruh elemen umat di dunia tercerahkan dengan Islam," ajaknya.


"Tadabbur Al-Qur’an adalah upaya merenungi dan meresapi yang terdapat dalam ayat-ayat Al-Qur’an untuk dipahami, diperoleh kandungan maknanya, hikmah-hikmahnya dan maksudnya," imbuhnya.


Sementara Ketua Tanfidziyah PCINU Australia-New Zealand, Yusdi Maksum, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran LD PBNU secara daring dalam peringatan Nuzulul Quran tersebut. Momentum tersebut juga bisa digunakan sekaligus untuk koordinasi dan konsolidasi sehingga dakwah NU dapat dilakukan secara terstruktur dan masif.


"Kami sampaikan apresiasi terbaik kepada LD PBNU, khususnya kepada KH. Nurul Badruttamam, karena telah berkenan memberikan tausiyah kepada pengurus PCINU dan diaspora muslim Indonesia di sekitaran Sydney," tutur Yusdi pada acara yang dipusatkan di di Gedung Belmore Youth Centre NSW.


Nuzulul Quran adalah sendiri adalah waktu di mana Al-Qur’an pertama kali diturunkan. Di Indonesia lazim diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan dan umumnya di malam hari. Hampir di seluruh tempat di Nusantara mengadakan kegiatan seperti layaknya memperingati Maulid Nabi, Isra Mi’raj dan hari besar lainnya. Banyak cara masyarakat mengisi acara Nuzulul Quran, mulai dari tumpengan, pengajian, istighotsah, tahlil, khataman Al-Qur’an, dan sebagainya.


Sementara Allah menegaskan bahwa Al-Qur’an diturunkan pada malam Lailatul Qadar yaitu malam paling spesial di bulan suci Ramadhan. Malam ini sangat diharapkan seluruh umat Muhammad karena merupakan malam yang lebih baik dari pada seribu bulan.


Hadir pada acara tersebut Rais Syuriah PCI NU Australia-New Zealand, Emil Idad, Ketua TPQ NU Al Ma'arif Sydney Muhammad Hafidz Lidinillah, Ketua Pengajian Kaifa NU Sydney Ahmad Abrori, Utusan KJRI Sydney Farih, dan perwakilan Muhammadiyah Sydney Dimas. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru