• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 18 Mei 2024

Warta

228 Jamaah Haji Asal Lampung Barat akan Dilepas Secara Resmi di PLTA Way Besai

228 Jamaah Haji Asal Lampung Barat akan Dilepas Secara Resmi di PLTA Way Besai
Rapat persiapan pelepasan jamaah haji asal Kabupaten Lampung Barat (Foto: Istimewa)
Rapat persiapan pelepasan jamaah haji asal Kabupaten Lampung Barat (Foto: Istimewa)

Lampung Barat, NU Online Lampung

Sebanyak 228 calon jamaah Haji asal Lampung Barat (Lambar) akan dilepas secara resmi pemberangkatannya pada 5 Juni 2024 mendatang. Pelepasan akan dilaksanakan di Gedung Aula Komplek PLTA Way Besai, Pekon (Desa) Sukapura, Kecamatan Sumber Jaya.


Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Lambar, Linda Susilawati, mendampingi Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Kemenag Lambar H Miftahus Surur, Rabu (15/5/2024).


“Kepastian lokasi pelepasan jamaah haji asal Lambar dengan tempat di Gedung Aula Kompleks PLTA Way Besai Sumber Jaya tersebut hasil dari rapat persiapan pemberangkatan haji Lambar tahun 2024,” ujarnya. 


Ia melanjutkan, dalam rapat itu membahas pelepasan jamaah dimulai pendaftaran peserta pada pukul 03.00 WIB, setelah itu dilanjutkan shalat subuh berjamaah, kemudian pelepasan jamaah haji dan langsung naik bus pemberangkatan.


“Para jamaah Haji asal Lambar tersebut tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) Jakarta Pondok Gede (JKG) 57 bergabung dengan jamaah haji asal Kabupaten Pesawaran,” tuturnya.


Estimasi jadwal pemberangkatan 5 Juni 2024 diterima di asrama haji antara  Lampung pada pukul 12.00 WIB, kemudian jadwal penerbangan 6 Juni dari Bandar Udara Raden Inten II pukul 06.50 WIB menuju Bandara Udara Soekarno Hatta (Soetta). Kemudian pukul 11.20 WIB dari Soetta menuju Bandar Udara King Abdulaziz Jeddah. 


“Terkait pelayanan haji yang akan dipersiapkan Kemenag Lambar bersama TNI Polri dan dinas terkait lainnya dalam melayani jamaah Haji. Maka Kemenag telah menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) yang lebih ketat,” ungkapnya. 


SOP ini meliputi pengamanan koper jamaah, akses masuk PLTA Way Besai, akses masuk di Gedung Aula PLTA Way Besai, pendampingan di dalam bus, hingga penyambutan di Asrama Haji antara Lampung. 


Linda juga menjelaskan bahwa para jamaah haji asal Lambar semua telah selesai mengikuti manasik haji. Manasik haji ini adalah serangkaian tata cara, ritual, dan persiapan yang dilakukan oleh seorang jamaah haji sebelum, selama, dan sesudah menjalankan ibadah haji.

(Duta Suhanda


 


Warta Terbaru