• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 4 Februari 2023

Tokoh

Mengenal Prof Mukri, Akademisi dan Aktivis yang Terus Berkhidmah Tiada Henti

Mengenal Prof Mukri, Akademisi dan Aktivis yang Terus Berkhidmah Tiada Henti
Prof KH Mohammad Mukri Ketua PBNU. (Foto: Istimewa)
Prof KH Mohammad Mukri Ketua PBNU. (Foto: Istimewa)

Bandarlampung, NU Online Lampung
Tokoh Lampung satu ini mampu memadukan dua pengkhidmatan dalam satu tarikan nafas. Sukses bergelut di dunia pendidikan berpadu dengan sukses menjadi aktivis organisasi kemasyarakatan. Beliau adalah Prof KH Mohammad Mukri yang karib disapa Prof Mukri.


Memang Prof Mukri adalah sosok yang identik dengan dunia akademik dan ormas keagamaan. Hal ini bisa dibuktikan dengan kecemerlangannya dalam memimpin UIN Raden Intan Lampung hingga saat ini menjadi perguruan favorit di Tanah Air.


Ia merupakan inisiator yang melakukan transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung menjadi Universitas Negeri Islam (UIN) Raden Intan Lampung. Transformasi ini menjadikan UIN Raden Intan berkembang pesat di bawah kepemimpinanya sebagai rektor sejak 2010.


Di tangan kader NU kelahiran 16 April 1959 ini, saat ini UIN Raden Intan memiliki puluhan ribu mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia dan dunia. Atas keberhasilan ini, ia pun dinobatkan sebagai The Inspiring University Leader of the Year 2021 oleh UI GreenMetric World University Ranking.


Selain cemerlang di dunia akademik, Prof Mukri juga sukses menjadi aktivis di ormas keagamaan. Ia merupakan tokoh yang ikut membesarkan NU Lampung. Tercatat ia pernah menjadi pengurus PMII, Ketua Gerakan Pemuda Ansor Lampung, Ketua PWNU Lampung, dan Mustasyar PWNU Lampung. Atas kiprah cemerlangnya ini, Prof Mukri didaulat menjadi Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmah 2022-2027.


Bukan hanya itu, mengetahui kemampuan luar biasanya memimpin perguruan tinggi, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf memberi tambahan nama baru padanya dengan Prof Mohammad ‘Rektor’ Mukri. Hal ini disampaikannya saat melantik dan memberi kepercayaan kepada Prof Mukri untuk menjadi Rektor Universitas NU Blitar Jawa Timur periode 2022-2026.


Di umur yang tidak muda lagi, Prof Mukri masih terus melakukan khidmah untuk kemaslahatan umat dengan menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung periode 2021-2026. Alumni Pesantren Krapyak Yogyakarta asuhan KH Ali Ma’shum ini seolah tak punya lelah dan tak mau istirahat untuk terus memberikan manfaat bagi orang lain.


Ditemui NU Online beberapa waktu lalu, Prof Mukri mengungkapkan tips selalu energik setiap waktu. Ia memiliki prinsip senantiasa berpikir positif dan riang gembira. Menurutnya agama Islam telah menegaskan pada umatnya untuk hidup dalam suasana riang gembira. Berbagai hal harus disikapi dengan positif sebagai bentuk kesadaran bahwa ada Allah swt yang telah menakdirkan segalanya.


Selain termaktub dalam Al-Qur’an, perintah untuk bergembira menurutnya juga ditegaskan dalam sebuah hadits yang juga tertulis di dalam kitab Ihya’ Ulumuddin, karya Imam Ghazali. Dalam haditsnya, Rasulullah bersabda: “Inna min khiyari ummati qauman yadhakuna jahran min sa’ati rahmatillah, wa yabkuna sirran min khaufi adzabi”: (Termasuk umat Nabi pilihan, tertawa lepas ketika bersama orang lain karena yakin dengan rahmat/pemberian Allah dan ketika sendirian dia menangis, takut akan siksa Allah). (Muhammad Faizin)


Editor:

Tokoh Terbaru