• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 5 Februari 2023

Syiar

Doa Memohon Keberkahan Ketika Menyikat Gigi

Doa Memohon Keberkahan Ketika Menyikat Gigi
Sikat gigi penting untuk kesehatan
Sikat gigi penting untuk kesehatan

Sebagai seorang muslim kita dianjurkan oleh Rasulullah saw untuk selalu istikamah hidup bersih, suci, wangi, indah dan rapih. Salah satunya yakni dengan bersiwak (membersihkan gigi dengan kayu arok dan lainnya), atau jika sekarang umumnya dengan sikat gigi.  

 

Membersihkan gigi dengan sikat gigi umumnya dilakukan dua kali sehari, pagi hari dan malam ketika akan tidur.  Berbeda dengan siwak berupa kayu yang bisa digunakan dalam kondisi apapun, dan sebanyak apapun, seperti hendak shalat, saat mulut lama tidak makan dan minum, ketika bangun tidur, ketika akan membaca Al-Qur’an, dan lain sebagainya. 

 

Mengutip dari Imam An-Nawawi dalam kitabnya Al-Adzkar, halaman 90, bahwa kita dianjurkan membaca doa ketika bersiwak. Berikut lafalnya


وَبَارِكْ لِيْ فِيْهِ ياَ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ  

 

Allāhumma bārik fīhi, yā arhamar rāhimīn

 

Artinya: Ya Allah, berkahilah diriku melalui siwak ini, wahai Zat yang Maha Pengasih. (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 90). 


Di dalam doa ini, kita memohon keberkahan kepada Allah swt pada saat bersiwak. Mudah-mudahan doa ini bisa menjadikan wasilah kepada kita semua untuk selalu mengingat Allah swt. Sehingga apa yang kita kerjakan selalu mendapatkan ridho dan keberkahan dari-Nya. 

(Yudi Prayoga)


Syiar Terbaru