• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 4 Februari 2023

Syiar

Doa Memasuki Bulan Rajab yang Dibaca Rasulullah

Doa Memasuki Bulan Rajab yang Dibaca Rasulullah
Doa memasuki bulan Rajab
Doa memasuki bulan Rajab

Bulan akan segera berganti. Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Rajab 1444 H. Banyak sekali keistimewaan di bulan Rajab, sehingga sudah selayaknya umat Islam khususnya warga Nahdlatul Ulama  menyambutnya dengan amalan terbaik. 


Bulan Rajab merupakan salah satu bulan haram, artinya bulan yang dimuliakan. Dalam Islam, terdapat empat  bulan haram, yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. 

 

Rasulullah mencontohkan saat memasuki bulan Rajab beliau membaca doa berikut, seperti dilansir dari Doa Rasulullah saat Memasuki Bulan Rajab.


اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ


Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ.

 

Artinya: Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

 

Selain berdzikir dan berdoa, pada bulan Rajab umat Islam juga dianjurkan untuk puasa sebanyak-banyaknya, sebagaimana juga pada bulan-bulan haram lainnya. Sebutan sebagai bulan haram merujuk sejarah dilarangnya umat Islam mengadakan peperangan pada bulan-bulan itu. 


Editor:

Syiar Terbaru