• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 4 Februari 2023

Warta

Tingkatkan Kapasitas Kekuatan Jam’iyyah, LP Ma’arif Lampung Gelar Bimtek Pendataan Aset Pendidikan NU

Tingkatkan Kapasitas Kekuatan Jam’iyyah, LP Ma’arif Lampung Gelar Bimtek Pendataan Aset Pendidikan NU
Bimtek Pendataan Aset Pendidikan NU (Foto: Istimewa)
Bimtek Pendataan Aset Pendidikan NU (Foto: Istimewa)

Metro, NU Online Lampung 

Pimpinan Wilayah (PW) Lembaga Pendidikan Ma’arif (LP) Nahdlatul Ulama Lampung menggelar Training of Trainer (ToT) atau Bimbingan Teknis Pemakaian Aplikasi Pendataan Aset Pendidikan Nahdlatul Ulama di Aula Kampus Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro, Ahad (30/10/2022). 


Ketua PW LP Ma’arif NU Provinsi Lampung, Subandi mengatakan, dalam rangka melakukan penataan dan pengembangan kapasitas struktur organisasi, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah mengeluarkan beberapa Peraturan Perkumpulan (Perkum) NU salah satunya adalah perkum tentang kualifikasi dan penilaian kinerja perkumpulan yang di dalamnya memuat beberapa indikator, di antaranya masalah aset yang dimiliki perkumpulan. 


“Menindaklanjuti hal tersebut PBNU membentuk Tim Penataan Aset PBNU yang saat ini sedang berjalan untuk melakukan pendataan asset-aset Pendidikan NU. Selain diikuti jajaran pengurus PW LP Ma’arif NU Lampung, agenda ini diikuti oleh utusan-utusan Pengurus Cabang (PC) LP Ma’arif NU se-Provinsi Lampung yang terdiri 15 Kabupaten/Kota ini,” ujarnya. 


Lebih lanjut ia mengatakan pasca pelatihan ini, akan ditindaklanjuti dengan membuat tim kerja penataan aset pendidikan di wilayah LP Ma’arif NU Lampung agar dapat memantau perkembangan pendataan aset Pendidikan NU di Lampung.


Ketua Tim Aset PBNU, KH M Fahmi Akbar Idris menyampaikan, pendataan aset yang dilakukan di tahap awal ini adalah aset-aset pendidikan, karena lembaga/satuan pendidikan di lingkungan NU ini lah yang sudah jelas-jelas memiliki aset berupa tanah dan bangunan yang harus didata dengan baik. 


“Perlu diketahui bimbingan teknis yang dilaksanakan di Provinsi Lampung ini adalah yang kelima kalinya dilaksanakan oleh Tim Aset PBNU dimana sebelumnya telah dilaksanakan di Jawa Barat, Yogyakarta, Jakarta-Banten, dan Jawa Timur,” ungkapnya. 


Menurutnya penataan aset perkumpulan ini merupakan hal yang sangat penting sebagai alat untuk mengukur kekuatan dan kapasitas organisasi.


Sekretaris PC LP Ma’arif NU Kota Metro, Agus Setiawan menyampaikan, agenda bimtek ini sangat penting untuk penataan aset dalam pelatihan yang dibimbing langsung oleh tim teknis dari PBNU. 


“Para peserta pelatihan terlihat sangat antusias dan serius dalam mengikuti kegiatan, hal ini karena para peserta diharapkan ke depannya akan masif melakukan sosialisasi kepada satuan-satuan pendidikan di wilayahnya masing-masing,” ujarnya. 


Sementara Sekretaris PC LP Ma’arif NU Kabupaten Lampung Tengah, M Zaimul Umam mengatakan, pendataan aset ini sangat mendukung untuk di wilayah Kabupaten Lampung Tengah yang terdiri dari 28 Kecamatan.


“Saat ini memasuki era digital, maka pendataan aset pendidikan berbasis aplikasi ini sudah waktunya dibutuhkan bagi insan pendidikan Nahdliyin,” katanya.  


Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris LP Ma’arif PBNU sekaligus sebagai Sekretaris Tim Aset PBNU Harianto Oghie, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung Puji Raharjo, Rektor IAIM NU Kota Metro Mispani, dan perwakilan dari Pengurus Ma’arif PCNU se-Propinsi Lampung dengan jumlah sebanyak 55 orang. 

(Akhmad Syarief Kurniawan)


Warta Terbaru