• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 4 Juli 2022

Warta

Terima Lahan Wakaf 4 Hektare, NU Lampung Berencana Dirikan Lembaga Pendidikan

Terima Lahan Wakaf 4 Hektare, NU Lampung Berencana Dirikan Lembaga Pendidikan
PWNU Lampung terima Lahan Wakaf Empat Hektare
PWNU Lampung terima Lahan Wakaf Empat Hektare

Lampung Utara, NU Online Lampung

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung atas nama Perkumpulan Nahdlatul Ulama menerima tanah wakaf kurang lebih empat hektare yang rencananya akan dipergunakan untuk membangun lembaga pendidikan.

 

Lokasi tanah wakaf tersebut terletak di Jalan Lintas Sumatera di Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara. Jajaran kepengurusan PWNU Lampung juga sudah meninjau tanah tersebut, Sabtu, 26 Maret 2022 lalu.

 

Wakil Ketua PWNU Lampung, Prof Alamsyah mengatakan, tim PWNU Lampung telah meninjau dan melihat tanah keluarga yang diwakafkan untuk NU Lampung itu. Adapun keluarga yang mewakafkan atas nama H Ruslan.

 

“Lahan tersebut merupakan tanah kosong, yang hanya ditanami singkong, lokasinya di pinggir jalan raya lintas sumatera. Kami sudah bertemu dengan keluarga besar pemberi wakaf, mereka berkeinginan agar tanah wakaf itu nantinya digunakan sebagai tempat pendidikan,” katanya kepada NU Online Lampung, Senin (28/3/2022).

 

Lebih lanjut ia mengatakan kepastiannya masih menunggu penandatanganan akta ikrar wakaf. Nantinya apakah akan dipergunakan sebagai lembaga pendidikan, dengan melihat potensi di daerah sekitar mana yang kurang tempat pendidikannya, apakah pesantren, sekolah dasar, atau pendidikan tinggi yang paling cocok.

 

Prof Alamsyah mengatakan, jika lembaga pendidikan yang dibangun adalah pesantren, maka pesantren itu harus menjadi unggulan yang dimiliki lembaga NU. Selama ini memang sudah banyak berdiri pesantren, namun dimiliki secara personal oleh kiai NU.

 

“Diharapkan lembaga pendidikan tersebut dapat dipergunakan untuk mencerdaskan masyarakat di sekitar tanah yang telah diwakafkan. Jika masyarakat di sekitar pendidikan agamanya kurang, maka dapat belajar di lembaga pendidikan NU itu,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut Wakil Rektor UIN Raden Intan Lampung itu menjelaskan, lokasi tanah wakaf tersebut sangat strategis karena juga dekat dengan beberapa kabupaten di sebelahnya, yaitu Way Kanan, Lampung Barat, dan Lampung Tengah. Dengan demikian, sangat cocok bila dibangun lembaga pendidikan.

 

Hal selaras diungkapkan Sekretaris PWNU Lampung, Aryanto Munawar yang mengatakan, pihak PWNU Lampung menerima tanah wakaf yang diperuntukan bagi perkumpulan Nahdlatul Ulama atau NU Lampung. 

 

“Penerimaan tanah wakaf tersebut sedang proses, sudah bertemu dengan keluarga pemilik tanah. Rencananya nanti untuk tempat pendidikan,” ungkapnya.

 

Ia menjelaskan untuk teknis lebih lanjut akan dibangun lembaga pendidikan seperti apa, akan dibahas dan dimusyawarahkan kembali dengan jajaran PWNU Lampung.

(Dian Ramadhan)


Warta Terbaru