• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Sukses, Capaian Vaksin Booster PWNU Lampung Lampaui Target

Sukses, Capaian Vaksin Booster PWNU Lampung Lampaui Target
Prof Alamsyah, Plh Ketua PWNU Lampung
Prof Alamsyah, Plh Ketua PWNU Lampung

Bandarlampung, NU Online Lampung

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung sukses menggelar vaksinasi booster bagi masyarakat di Sai Bumi Ruwa Jurai ini. Dari target 50 ribu peserta, gerakan yang dilaksanakan mulai 21-23 April 2022 berhasil melampaui target lebih dari 60 ribu peserta.


“Masyarakat di berbagai tempat antusias mengikuti vaksinasi. Oleh karena itu jumlahnya melebihi yang ditargetkan. Target awal 50 ribu tapi yang mengikuti vaksin 61.416, sehingga ada peningkatan sebesar 23 persen,” kata Plh Ketua PWNU Lampung Prof Alamsyah kepada NU Online Lampung, Rabu (27/4/2022). 


Walaupun target pelaksanaan dilakukan mulai 21-23 April 2022, namun sebenarnya hingga hari ini, bahkan sampai 30 April 2022 vaksinasi masih dilaksanakan. Perpanjangan ini dilakukan untuk melayani masyarakat yang baru sempat untuk mengikutinya. 


Sehingga angka 61 ribu lebih ini bisa terus bertambah seiring terus dilakukannya gerakan ini. Data yang dilaporkan ini berdasarkan batas waktu 3 hari pelaksanaan sesuai laporan dari 15 kabupaten/kota di Lampung. 


Keberhasilan capaian vaksinasi ini menurutnya ditentukan banyak faktor. Selain minat masyarakat yang tinggi untuk vaksin, faktor koordinasi yang sangat baik juga sangat menentukan. Koordinasi intensif ini dibangun mulai dari pengurus NU di semua tingkatan di wilayah Lampung. 


“Koordinasi juga dibangun dengan Kemenag dan jajaran di bawahnya serta dengan Kepolisian di kabupaten/kota sampai dengan Polsek dan tingkatan di bawahnya,” imbuhnya. 


Keberhasilan ini tambahnya juga karena didukung oleh pemerintah kabupaten dan kota serta pihak dinas kesehatan setempat yang aktif membantu kegiatan vaksinasi. 


“Sosialisasi yang luas juga menjadi faktor penentu keberhasilan vaksinasi ini, baik sosialisasi pelaksanaan vaksin, waktu dan tempatnya. Maupun sosialisasi hukum kebolehan atau kehalalan vaksin itu sendiri, serta fatwa hukum bahwa vaksinasi booster tidak membatalkan puasa,” jelasnya. 


Oleh karena itu jelasnya, vaksinasi booster ini sukses dilaksanakan di 15 PCNU kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Ada lebih dari 300 titik tempat vaksinasi di seluruh Lampung yaitu di kantor PCNU, MWC, pesantren-pesantren, klinik-klinik NU, masjid, dan lain-lain. 


Atas keberhasilan khidmat pengabdian dalam bidang kesehatan ini, PWNU Lampung menyampaikan terima kasih sedalamnya atas kerja keras para pengurus NU, mulai dari jajaran  PCNU di 15 kabupaten/kota, pengurus MWC dan ranting, pengurus berbagai lembaga dan badan otonom di lingkungan PWNU Lampung. 


“Ucapan terima kasih juga dihaturkan kepada Kemenag dan Polri yang aktif memfasilitasi, juga dengan pemkab/kota yang turut aktif mensukseskan program ini,” jelasnya tentang gerakan untuk meningkatkan daya tahan imun masyarakat dan mencegah penyebaran covid jelang mudik. 

(Muhammad Faizin)
 


Editor:

Warta Terbaru