• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Kamis, 26 Mei 2022

Warta

Selama Muktamar, Ribuan Muhibbin dari Aceh sampai Papua Kunjungi NU Pringsewu

Selama Muktamar, Ribuan Muhibbin dari Aceh sampai Papua Kunjungi NU Pringsewu
Ucapan selamat Muktamar Ke-34 NU di Kabupaten Pringsewu. (Foto: NU Online/Faizin)
Ucapan selamat Muktamar Ke-34 NU di Kabupaten Pringsewu. (Foto: NU Online/Faizin)

Pringsewu, NU Online Lampung
Perhelatan Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama di Lampung membawa keberkahan bagi Kabupaten Pringsewu. Pada muktamar yang diselenggarakan mulai 22-24 Desember 2021, para muktamirin dan muhibbin tidak hanya mengunjungi Bandarlampung dan Lampung Tengah sebagai tempat resmi penyelenggaraan muktamar. Namun mereka juga mengunjungi Kabupaten Pringsewu, walau dengan jarak tempuh 1 jam perjalanan dari Bandarlampung.


“Kabupaten Pringsewu ikut menjadi destinasi kunjungan para muktamirin (peserta muktamar) dan muhibbin (pengunjung muktamar) mulai dari Aceh sampai Papua. Tercatat oleh panitia lebih dari seribu orang dari lebih kurang 40 daerah datang berkunjung ke Gedung NU Pringsewu saat muktamar,” ungkap Ketua Pengurus cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pringsewu H Taufik Qurrohim, Jumat (31/12/2021).


Selain tujuan utamanya untuk bersilaturahmi, para pengunjung ini juga memiliki agenda-agenda lain datang ke Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis ini. Di antaranya adalah menjadikan gedung PCNU Pringsewu sebagai tempat beristirahat selama muktamar.


Alhamdulillah kami sudah membentuk panitia khusus untuk menyambut kedatangan para tamu. Panitia ini yang bertugas menyiapkan segala sesuatunya mulai dari akomodasi, transportasi dan kami juga siapkan konsumsi gratis untuk para tamu selama mereka menginap,” katanya saat kegiatan Haul Gus Dur: Refleksi Akhir Tahun serta pembubaran Panitia Lokal Muktamar NU Pringsewu di gedung NU Pringsewu.


Para muhibbin juga mengikuti berbagai kegiatan yang digelar di Gedung Pringsewu. Di antaranya nonton bareng siaran-siaran langsung muktamar khususnya yang paling menarik yakni pemilihan Rais ‘Aam dan Ketua PBNU periode 2021-2026. Para pengunjung juga mengikuti bedah buku Biografi Syekh Nawawi Al-Bantani yang menghadirkan langsung sang penulisnya yakni KH Zulfa Musthofa di aula Gedung NU.


Kegiatan yang cukup ramai dan dihadiri oleh muhibbin dari berbagai penjuru nusantara adalah acara Ngopi (Ngobrol Filantropi) Nusantara yang dilaksanakan oleh pengurus NU Care-Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (23/12/2021) ini dihadiri langsung oleh Ketua Pengurus Pusat NU Care-LAZISNU, M Wahib Emha.


“Selain berada di Gedung NU, panitia juga memberi fasilitas para muhibbin untuk melakukan wisata alam maupun wisata religi di Kabupaten Pringsewu. Mereka sangat antusias berkunjung ke berbagai destinasi seperti Bendungan Way Sekampung dan juga ziarah di makam para ulama di Pringsewu,” katanya.


Sementara Ketua Panitia Lokal Muktamar NU Pringsewu M Sofyan mengatakan bahwa selama menyambut para tamu, panitia terus siaga menyiapkan berbagai kebutuhan. “Kami standby karena pengunjung tidak bisa ter prediksi. Sempat terjadi tiba-tiba datang pengunjung sebanyak dua bus dan alhamdulillah akomodasi dan konsumsi bisa kami siapkan segera untuk mereka,” katanya.


Ia berharap ke depan akan ada lagi momentum besar NU di Lampung sehingga keberkahan akan dirasakan oleh warga Lampung khususnya Pringsewu. Terlebih Muktamar di mana para ulama dari berbagai penjuru Indonesia datang dan membawa keberkahan bagi semua. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru