• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 27 November 2022

Warta

Pesantren Al Hikmah Libatkan Alumni Sukseskan Muktamar Ke-34 NU

Pesantren Al Hikmah Libatkan Alumni Sukseskan Muktamar Ke-34 NU
Para alumni Al Hikmah dilibatkan dalam Muktamar Ke-34 NU di Lampung
Para alumni Al Hikmah dilibatkan dalam Muktamar Ke-34 NU di Lampung

Bandar Lampung, NU Online Lampung
Pondok Pesantren Al Hikmah, Kedaton, Bandar Lampung, akan melibatkan seluruh alumninya untuk turut serta menyukseskan Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Provinsi Lampung mendatang. Pengumpulan alumni mulai dari angkatan pertama hingga lulusan terbaru tahun 2021 dilakukan Kamis (3/12/2021), secara langsung dan dalam jaringan (daring). 

 

Kegiatan  yang dikoordinir oleh Ketua Bidang Dakwah dan Pengembangan Alumni Yayasan Al Hikmah, Ustadz Ramadhani, tersebut mendapatkan respon baik para alumni. Sebanyak 100 lebih alumni hadir baik secara langsung di aula  pesantren ataupun mengikuti secara daring, membahas kesiapan alumni untuk ikut andil pada Muktamar Ke-34 NU. 

 

Ustadz Ramadhani menyampaikan, pertemuan alumni tersebut merupakan tindak lanjut dari usulan Pimpinan Pesantren Al Hikmah,  KH Basyaruddin Maisir, pada acara peringatan Maulid Nabi sekaligus Malam Puncak Peringatan Hari Guru Nasional 2021, beberapa waktu lalu.

 

Usulan KH Basyaruddin Maisir tersebut direspon baik oleh Bidang Dakwah dan Pengembangan Alumni, dengan membentuk grup WhatsApp untuk mengkoordinir para alumni.

 

Kiai Maisir mengatakan, Pesantren Al Hikmah membutuhkan keterlibatan alumni guna menghadapi muktamar, yang tujuanya untuk memfasilitasi para kiai dan alim ulama selama muktamar berlangsung. Sebab selama Muktamar ke-34 NU berlangsung  Ponpes Al Hikmah akan kedatangan banyak tamu dari seluruh daerah di Indonesia.

 

 “Jadi semuanya harus siap. Nanti alumni akan ditempatkan dibeberapa titik, dilatih atau diajari cara meladeni kiai, membantu memenuhi kebutuhan mereka,” ujar Lathaiful Ihsan, Putra Kiai Maisir. 

Pertemuan alumni yang dipimpin oleh Gus Ihsan, sapaan akrabnya, menghasilkan keputusan terbentuknya Tim Formatur Ikatan Alumni Al Hikmah (IKAL) yang diketuai oleh Ustadz Miswanto dan sembilan anggota.  Tugas pertama tim ini adalah membahas revitalisasi IKAL pusat dan daerah serta memantapkan peran serta alumni dalam Muktamar Ke-34 NU. 

 

“Kita tahu bahwa muktamar NU adalah hajat besar bagi kita. Bisa dilaksanakan di Lampung merupakan momen yang langka, tidak terjadi 5 sampai 10 tahun mendatang. Jika tidak kita memanfaatkan untuk turut menyukseskan, mengabdi kepada kiai, maka sangat disesalkan,” pungkas Gus Ihsan. 

 

Salah satu alumni Al Hikmah, Ahmad Arifin, mengaku senang karena dilibatkan dalam Muktamar Ke-34 NU. Dirinya berharap dapat berkontribusi untuk menyukseskan kegiatan tersebut meski hanya untuk membantu pekerjaan yang ringan, seperti membawakan kopi bagi para kiai. 

 

(Yudi Prayoga)


Warta Terbaru