• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 23 April 2024

Warta

Peringati Hari Santri Nasional 2023, Ini Rangkaian Kegiatan di Lampung Barat

Peringati Hari Santri Nasional 2023, Ini Rangkaian Kegiatan di Lampung Barat
Ketua Panitia Pelaksana Hari Santri Nasional 2023 Lampung Barat, Hafiyan Haryadi. (Foto: Istimewa).
Ketua Panitia Pelaksana Hari Santri Nasional 2023 Lampung Barat, Hafiyan Haryadi. (Foto: Istimewa).

Lampung Barat, NU Online Lampung

Puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-8 tingkat Kabupaten Lampung Barat akan dipusatkan di Kecamatan Air Hitam.

 

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Peringatan HSN Lampung Barat 2023, Hafiyan Haryadi pada acara rapat evaluasi via daring, Rabu (11/10/2023).

 

“Upacara peringatan HSN akan dilaksanakan Ahad (22/10/2023) dengan lokasi  di Lapangan Kecamatan Air Hitam. Sementara untuk lomba-lomba akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Ihyauth Tholibin Yayasan Hasan Abdurrohman, Kecamatan Air Hitam di bawah Pimpinan Kiai Dimyati Attahimi,” ujarnya.

 

Tema hari santri nasional 2023 ini adalah, Jihad Santri Jayakan Negeri. Melalui tema ini, para santri diajak untuk terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital.

 

“Mari kita bersama mensukseskan Hari Santri Nasional 2023 sebagai bukti cinta kita terhadap Tanah Air tercinta. Sukses acara ini nantinya adalah sukses karena melalui kebersamaan, bukan sukses individu,” katanya.

 

Sementara itu, Sekretaris Panitia Hari Santri Nasional 2023, Ustadz Belly Muarif mengatakan, berbagai perlombaan akan dimulai sejak Sabtu (21/102023).

 

“Dimulai pagi hari hingga malam bertempat di Pondok Pesantren Ihyauth Tholibin,” tuturnya.

 

Malamnya seluruh panitia, peserta, dan undangan lainnya akan berada di Aula Madrasah Aliyah (MA) Raden Intan Air Hitam untuk pelaksanaan Kegiatan shalawat dan istighotsah.

 

“Puncaknya Ahad akan dimulai dengan prosesi kirab santri, dimulai dari pertigaan Pekon (Desa) Sinar Jaya Air Hitam menuju lapangan upacara Kecamatan Air Hitam,” katanya.

 

Usai kirab dilanjutkan dengan upacara peringatan Hari Santri Nasional 2023 dan pembagian hadiah-hadiah perlombaan.

 

Panitia bagian Pelombaan, Ustadz Mohammad Wahidin menyampaikan, lomba-lomba akan diikuti peserta santri dari lembaga-lembaga dan pondok pesantren se-Lampung Barat.

 

“Hingga Rabu (11/10/2023) sudah sekitar 80 persen peserta yang telah terdata akan mengiktui lomba-lomba Hari Santri Nasional 2023,” katanya.

 

Adapun cabang perlombaannya yaitu lomba baca kitab, muhafadhah (lalaran), lomba cerdas cermat, lomba muhadlarah (ceramah), dan lomba adzan.

 

Kegiatan Hari Santri Nasional Lampung Barat rencananya akan dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Nukman, Anggota DPR RI Mukhlis Basri, Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial, dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda).

 

Kepala Kemenag Kabupaten Lampung Barat Muhammad Yusuf, Ketua MUI Kabupaten Lampung Barat H Pairozi, jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lampung Barat, Pengurus Muhammadiyah, Pengurus Baitul Mukhlisin Kabupaten Lampung Barat, dan undangan lainnya.

(Duta Suhanda)


Warta Terbaru