• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 4 Juli 2022

Warta

Pendidikan Kader Penggerak NU Akan Segera Dilaksanakan Kembali

Pendidikan Kader Penggerak NU Akan Segera Dilaksanakan Kembali
Ketua Umum PBNU menyampaikan pengkaderan di lingkungan NU bisa dimulai kembali
Ketua Umum PBNU menyampaikan pengkaderan di lingkungan NU bisa dimulai kembali


Jakarta, NU Online Lampung
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) menyatakan,  Pendidikan Kaderisasi Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) akan segara dilaksanakan kembali, yaitu pada bulan Dzulqa’dah 1443 H.   Hal itu disampaikan Gus Yahya sesaat setelah Sidang Pleno II tentang Pengesahan Hasil Sidang-Sidang Komisi rampung, dalam gelaran Konferensi Besar (Konbes) NU di Hotel Yuan Garden Jakarta Pusat, Sabtu (21/5/2022).    

 

“Kita sudah bisa memulai kembali pelaksanaan pendidikan kaderisasi. Saya mendapatkan laporan, sudah ada sembilan lokasi yang siap melaksanakan pelatihan kader. Tentu dengan acuan, kurikulum, dan ketentuan-ketentuan yang sudah kita tetapkan pada Konbes ini. Dengan demikian, moratorium pelatihan kader dicabut,” ungkap Gus Yahya.   

 

Selain itu, PBNU akan mengupayakan agar Pendidikan Kader Menengah Nahdlatul Ulama (PKM-NU) dan Akademi Kepemimpinan Nasional Nahdlatul Ulama (AKN-NU) untuk segera diselenggarakan.    “Tujuannya supaya seluruh jajaran pengurus segera mendapatkan pelatihan yang nanti kita harapkan berfungsi meningkatkan derajat kapasitas dari personel-personel pengurus kita. Insyaallah,” ujar Gus Yahya. 

 

Sebelumnya, PBNU melakukan penangguhan sementara atau moratorium kegiatan kaderisasi, baik Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) maupun Pendidikan Penggerak Kader Nahdlatul Ulama (PKPNU) yang merupakan pendidikan pengkaderan di lingkungan NU. Hal itu dilakukan guna penyempurnaan terhadap sistem dan manajemen yang ada.

 

Wakil Ketua Umum PBNU H Nusron Wahid bersyukur karena akhirnya sistem kaderisasi baru di NU sudah bisa dimulai pada bulan depan, atau Juni 2022. Kabar ini disampaikan kepada para pengurus wilayah, cabang, majelis wakil cabang, serta seluruh kader NU se-Indonesia.  

 


 “Alhamdulillah pada Konbes ini  ada keputusan penting, PD-PKPNU sudah mulai bisa dilaksanakan setelah ditetapkannya sistem kaderisasi NU. Tentu dengan kurikulum, metodologi, dan pola-pola baru yang sudah ditetapkan melalui Konbes NU pada tanggal 20-22 Mei 2022,” ungkap Nusron kepada NU Online.  
 


Karena itu, Nusron meminta kepada pengurus MWCNU, PCNU, dan PWNU yang akan melaksanakan agenda kaderisasi tingkat dasar itu untuk segera berkoordinasi dengan pengurus cabang setempat.  “Bagi pengurus MWC, cabang, dan wilayah yang akan melaksanakan kaderisasi, mohon segera berkoordinasi dengan pengurus cabang setempat dan melaporkan pelaksanaan kegiatannya kepada tim instruktur dan dewan instruktur yang telah dibentuk oleh Ketum PBNU,” kata Nusron.

 

Sementara untuk jajaran syuriyah, tidak  perlu mengikuti sistem kaderisasi. “ Di dalam sidang terdapat usulan agar  jajaran syuriyah tidak perlu mengikuti PD-PKPNU, PKM-NU, dan AKN-NU.   Usulan itu kemudian disepakati, rais ‘aam dapat memberikan dispensasi jajaran syuriyah yang dianggap sudah mumpuni untuk tidak perlu ikut kaderisasi, dasar, menengah, dan tinggi,” kata Nusron.


Warta Terbaru