• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 27 November 2022

Warta

Enam Tokoh NU Lampung Masuk jajaran PBNU, Ini Harapan NU Pringsewu

Enam Tokoh NU Lampung Masuk jajaran PBNU, Ini Harapan NU Pringsewu
Enam Tokoh NU Lampung Masuk jajaran PBNU, Ini Harapan NU Pringsewu. (Foto: Istimewa)
Enam Tokoh NU Lampung Masuk jajaran PBNU, Ini Harapan NU Pringsewu. (Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online
Susunan Kepengurusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmah 2022-2027 telah diumumkan secara resmi di Gedung PBNU Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, pada Rabu (12/1/2022). Susunan kepengurusan yang tertuang dalam Surat Keputusan PBNU Nomor 01/A.II.04/01/2022 ini merupakan hasil rapat bersama tim formatur Muktamar Ke-34 NU, yang melakukan rapat pada tanggal 5 Januari 2022 di Jakarta.


Susunan kepengurusan kali ini terlihat istimewa karena diisi oleh tokoh-tokoh NU yang bukan hanya berasal dari pulau Jawa. Kepengurusan PBNU mencerminkan keragaman dari berbagai daerah di Nusantara. Tak terkecuali dari Provinsi Lampung yang dalam kepengurusan ini terdapat 6 kader NU nya yang masuk jajaran PBNU.


Ke enam tokoh NU Lampung yang masuk jajaran PBNU periode kali ini adalah KH. Abdul Wahid Zamas (Rais Syuriyah), H Muhyidin Thohir (Katib), KH Ahmad Ma'shum Abror (A’wan), Prof KH Moh. Mukri (Ketua), H Umarsyah (Ketua), dan H Muhammad Aqil Irham (Wasekjend).


“Masuknya para tokoh NU Lampung di kepengurusan PBNU periode kali ini diharapkan mampu menambah geliat pergerakan dan perkembangan NU di Sai Bumi Ruwa Jurai ini,” harap Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu H Taufik Qurrohim sesaat setelah diumumkannya secara resmi kepengurusan PBNU.


Perkembangan lebih maju NU di Lampung ini menurut H Taufik bisa didorong dengan program-program strategis yang Lampung sendiri memiliki potensi yang sangat tinggi. Apalagi kepengurusan kali ini merupakan buah dari Muktamar Ke-34 NU yang digelar di Lampung pada 22-23 Desember 2021 lalu.


“Harapan kami, ke enam tokoh NU ini mampu menelurkan program-program yang bisa diwujudkan di Lampung pada khususnya dan di luar pula Jawa pada umumnya sehingga NU dapat berkembang masif di seluruh nusantara,” harapnya lagi.


Ada empat bidang garapan NU yang saat ini sangat penting untuk diimplementasikan di seluruh penjuru Indonesia. Ke empat bidang tersebut adalah pendidikan, kesehatan, kemandirian ekonomi dan organisasi, serta kaderisasi yang masif dan maksimal.


Wujud dari program ini terlihat dari semakin banyaknya lembaga pendidikan baik informal maupun formal mulai dari TK sampai perguruan tinggi NU, klinik dan rumah sakit NU, dan berbagai lembaga ekonomi seperti BMT dan Bank NU di luar Jawa.


“Semakin banyaknya kader NU yang bergerak melalui pengaderan-pengaderan di seluruh Indonesia juga akan memperkuat NU jelang umur satu abad ini,” katanya.


Dengan kiprah dan pengalaman berorganisasi selama ini, diharapkan enam kader dan tokoh NU Lampung yang masuk jajaran PBNU ini mampu mewujudkan harapan NU Pringsewu dan juga harapan seluruh keluarga besar NU Provinsi Lampung. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru