• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 18 Mei 2024

Warta

Ketua PCNU Lakukan Pembinaan Keaswajaan di Daerah Terluar Lampung Barat

Ketua PCNU Lakukan Pembinaan Keaswajaan di Daerah Terluar Lampung Barat
Ketua PCNU Lampung Barat saat melakukan pembinaan keaswajaan di Ranting Ujung Rembun (Foto: Istimewa)
Ketua PCNU Lampung Barat saat melakukan pembinaan keaswajaan di Ranting Ujung Rembun (Foto: Istimewa)

Lampung Barat, NU Online Lampung

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lampung Barat, Kiai Imam Syafi’i melakukan pembinaan keaswajaan di Pekon (Desa) Ujung Rembun di atas Danau Ranau, Kecamatan Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat. 


Desa Ujung Rembun adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Lumbok Seminung, desa ini adalah salah satu pekon yang sulit untuk dikunjungi. 


Desa ini berlokasi di bagian paling barat Provinsi Lampung, berbatasan dengan  Kabupaten Pesisir Barat Lampung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Sumatra Selatan, dan Provinsi Bengkulu. 


“Desa tersebut juga hanya bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor roda dua, jadi ojek adalah sebagai transportasi utama baik untuk mengangkut hasil panen maupun bawa penumpang,” ujar Kiai Imam Syafi’i. 


“Kami dari PCNU lakukan kegiatan pembinaan terhadap Ranting NU di sini. Alhamdulillah Jumat malam kemarin kami tiba di sana dan disambut Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU),” katanya kepada NU Online Lampung, Senin (22/4/2024).


PCNU disambut Ketua Ranting Ustadz Markum, dan Kiai Abdul Ghofur Rais Syuriyah PRNU Ujung Rembun yang merupakan santri langsung dari Kiai Bisri Syansuri salah satu Tokoh NU asal Jombang.


Dalam pembinaannya Kiai Imam Syafi’i menekankan pentingnya menghidupkan struktur organisasi di Ranting tersebut. Untuk amaliah keaswajaan di desa ini sudah berjalan baik, namun bidang keorganisasiannya perlu dorongan dari PCNU, seperti menggerakkan simpul keNUan, dan pembentukan struktur Anak Ranting.


“Di sini alhamdulilalh amaliah keaswajaaan sangat baik terpelihara, tentu ini tak terlepas dari bimbingan dari para kiai dan tokoh agama di desa ini. Semoga ini baik selaras dengan tertibnya stuktur organisasi baik di Ranting,” tuturnya.


Ia melanjutkan, berorganisasi NU tanpa adanya amaliah seperti yasinan, manaqib, maulid, dan lain-lain bagaikan badan tanpa jiwa, hampa. Dan tentu juga bila hanya jalankan amaliah saja tanpa ada organisasi NU bagaikan jiwa tanpa badan, keropos, mudah sekali goyah.


Pada kunjungan pembinaan itu, Kiai Imam Syafi’i didampingi Ketua Ranting Pekon Pancur Mas Dadang dan Ketua Ranting Tawan Sukamulya Sucipto. PCNU juga menginformasikan di Kecamatan Lumbok Seminung akan dilaksanakan Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) Angkatan ke-16 pada 26-28 April 2024 mendatang. 


“Semoga PD-PKPNU ke-16 ini akan berjalan dengan baik, sukses dan semoga keorganisasian NU baik di tingkat Ranting dan Anak Ranting di kecamatan ini akan segera berjalan dengan baik seperti halnya dengan MWCNU lain di Lampung Barat,” ungkapnya. 

(Duta Suhanda)


Warta Terbaru