• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 23 April 2024

Warta

Kepala Kemenag Bandar Lampung: Tidak Rugi Menyekolahkan Anak ke Pesantren

Kepala Kemenag Bandar Lampung: Tidak Rugi Menyekolahkan Anak ke Pesantren
Apel Hari Santri Nasional 2023 oleh Kemenag, PCNU, dan Wali Kota Bandar Lampung, Ahad (22/10/2023). (Foto: Istimewa)
Apel Hari Santri Nasional 2023 oleh Kemenag, PCNU, dan Wali Kota Bandar Lampung, Ahad (22/10/2023). (Foto: Istimewa)

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Kepada seluruh orang tua jangan pernah merasa rugi untuk menyekolahkan anak-anaknya ke pesantren.


Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Bandar Lampung, H Makmur pada saat sambutan Apel Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Gedung Semergou, Kompleks Kantor Pemerintah Kota Bandar Lampung, Ahad (22/10/2023). 


Menurutnya dengan memasukkan anaknya ke pesantren akan memberikan banyak keberkahan bagi keluarga dan masyarakat.


“Sebesar apa pun biaya yang dikeluarkan orang tua untuk anaknya di pesantren, akan terbalas dengan banyaknya keberkahan bagi orang tuanya, saudaranya, keluarganya, tetangganya, dan masyarakat sekitarnya,” ujarnya. 


Ia juga mengimbau kepada para hadirin yang terdiri dari Muslimat, Fatayat, Ansor, Banser, Pagar Nusa, dan seluruh badan otonom (banom) Nahdlatul Ulama, serta masyarakat umum lainnya untuk tidak merasa rugi juga ketika membantu pesantren. 


“Karena ketika membantu pesantren maka keberkahan akan kembali kepada yang memberikannya,” ungkapnya. 


Ia melanjutkan, peringatan hari santri tidak bisa dipisahkan antara Kemenag, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), dan Pemerintah Kota.


Oleh karena itu, sesuai instruksi dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kemenag RI juga dilaksanakan pembacaan shalawat nariyah di satuan-satuan pendidikan di bawah Kemenag. 


“Beberapa pondok pesantren yang hadir ini hanya perwakilan 10 orang satu pesantrennya se-Bandar Lampung. Dan di pondok pesantrennya juga masing-masing menyelenggarakan acara apel hari santri nasional,” tuturnya. 


Menurutnya, perayaan peringatan hari santri nasional di Kota Bandar Lampung sangat meriah, karena pesantrennya turut berperan aktif dalam menyemarakkan hari santri.  

(Yudi Prayoga)
 


Warta Terbaru