• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 23 April 2024

Warta

Kakanwil Kemenag Lampung: Terus Sebarkan Kebaikan Digital

Kakanwil Kemenag Lampung: Terus Sebarkan Kebaikan Digital
Kepala Kantor Kemenag Lampung, H Puji Raharjo pada Tasyakkuran Pemilu Aman, Damai, dan Lancar yang digelar Forum Pemantau Netralitas ASN (PENA) Provinsi Lampung di Bandar Lampung, Rabu (28/2/2024) (Foto: Istimewa).
Kepala Kantor Kemenag Lampung, H Puji Raharjo pada Tasyakkuran Pemilu Aman, Damai, dan Lancar yang digelar Forum Pemantau Netralitas ASN (PENA) Provinsi Lampung di Bandar Lampung, Rabu (28/2/2024) (Foto: Istimewa).

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Lampung, H Puji Raharjo mengajak seluruh ASN Kementerian Agama di Lampung untuk terus memperkuat dan menyebarkan kebaikan digital. Hal ini selaras dengan kondisi manusia dan zaman modern saat ini yang kehidupannya tak bisa lepas dari dunia digital.

 

“Saya ingin mengajak semua untuk terus menyebar kebaikan tiada henti,” ajaknya saat hadir pada Tasyakkuran Pemilu Aman, Damai, dan Lancar yang digelar Forum Pemantau Netralitas ASN (PENA) Provinsi Lampung di Bandar Lampung, Rabu (28/2/2024).

 

Kebaikan digital bisa dilakukan dengan hal-hal yang terlihat kecil, namun bisa berdampak dan bermanfaat besar. Seperti memproduksi atau menyebarkan konten-konten inspiratif dan memotivasi orang lain untuk berbuat kebaikan.

 

“Semua bisa memiliki akun sosmed untuk dapat sharing kisah inspiratif, ayat-ayat Al-Qur’an, hadits, dan kata mutiara,” katanya memberi contoh kebaikan digital melalui media sosial.

 

Jika para tokoh di lingkungan Kementerian Agama seperti kepala madrasah, kepala KUA membuat postingan tersebut, maka paling tidak akan ada yang merespon dengan like dan dikomentari oleh orang lain. “Atau lebih baik lagi teman kita memposting ulang, postingan inspiratif kita tersebut. Maka kebaikan akan tersebar,” ungkapnya.

 

Terlebih sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan. Konten-konten religius dan kebaikan harus terus disebarkan untuk ‘mengubur’ konten-konten hoaks, fitnah, dan ujaran kebencian di dunia maya.

 

Terkait dengan bulan Ramadhan, Kemenag Lampung akan memaksimalkan peran Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) yang telah terbentuk di Lampung. “Kita banyak kepala KUA di sini. Saya minta dipastikan seluruh kecamatan dan desa, BKM sudah terbentuk. Di bulan puasa nanti, kita menggelorakan BKM,” ungkapnya.

 

Sementara terkait dengan posisi Forum Pena yang berfungsi menjaga serta mengawasi netralitas aparatur sipil negara (ASN) di tahun politik, diharapkan lebih kuat lagi, terutama netralitas dalam moderasi beragama. Pasalnya ke depan program moderasi beragama bukan hanya ada di lingkup Kemenag namun juga di lintas Kementerian, Lembaga, dan masyarakat.

 

“Forum Pena kita diharapkan menjadi agen moderasi beragama. Seluruh Bimas sudah menandatangani pakta integritas dan harus siap apa yang telah ditetapkan oleh Bimas Pusat,” tegasnya.

 

Ia menilai Forum Pena telah memberi sumbangsih dalam menciptakan kesejukan di lingkungan Kementerian Agama. Forum Pena juga sudah menunjukkan kiprah untuk menjaga kondusivitas pasca proses Pemilu yang sampai saat ini dalam kondisi terkendali.

(Muhammad Faizin)


Warta Terbaru