• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Syiar

Doa Untuk Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Doa Untuk Berbakti Kepada Kedua Orang Tua
Doa adalah bagian dari ibadah
Doa adalah bagian dari ibadah


Seorang anak diwajibkan untuk berbakti kepada kedua orang tuanya, baik ketika orang tua masih hidup maupun ketika sudah wafat. Salah satu bentuk berbaktinya anak kepada kedua orang tua adalah dengan mendoakan kebaikan  untuk mereka.

 

Berikut ini adalah salah satu doa untuk kedua orang tua, meskipun pendek akan tetapi khasiatnya sangatlah besar. 

 

 رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا  

 

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā. 

 

Artinya: Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.

 

Doa di atas merupakan doa permohonan ampun kepada kedua orang tua. Dan seyogyanya doa tersebut dibaca terus menerus dengan istikamah, minimal setiap selesai shalat 5 waktu (maktubah). Jangan sampai kita pelit doa terhadap orang tua, karena orang tua selalu mendoakan kebaikan bagi anaknya. 

 

Doa yang tetap mengalir, meskipun orang tua sudah wafat merupakan doa anak yang saleh. Dan doa orang tua kepada anaknya lebih mustajab (dikabulkan) daripada doa seorang wali terhadap anak tersebut. 

 

Allah sendiri telah berfirman dalam Al-Qur’an, surat Al-Isra’ ayat 23, bahwasanya seorang anak diwajibkan untuk selalu berbakti kepada kedua orang tuanya.

 

 وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا 

 

Wa qadlaa rabbuka allaa ta’buduu illaa iyyaahu wa bilwalidaini ihsaanaan

 

Artinya: Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada kedua orang tuamu dengan sebaik-baiknya (Surat Al-Isra’ ayat 23). 

 

Dan salah satu lagi bentuk berbaktinya seorang anak kepada kedua orang tuanya adalah menjaga silaturahim dengan mereka, merawatnya ketika sakit, mengurus jenazahnya ketika wafat dan menziarahi makamnya dan senantiasa mendoakannya. 

 

Maka dari itu, kita semua tetaplah istikamah untuk berbakti kepada kedua orang tua, baik ketika mereka msih hidup maupun ketika sudah tiada.  

 

(Yudi Prayoga)


Syiar Terbaru