• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Syiar

Doa agar Terlepas dari Utang dan Rasa Bingung

Doa agar Terlepas dari Utang dan Rasa Bingung
Ilustrasi utang menjadi beban
Ilustrasi utang menjadi beban


Dalam hidup, ada kalanya kita terpaksa berutang karena terdesak oleh suatu kebutuhan. Namun tidak semua orang dapat dengan mudah mampu melunasinya, karena keuangan yang sedang sulit. Sementara kita tahu, utang adalah beban yang harus dibayar, sebab jika tidak diselesaikan di dunia, urusan utang akan berlanjut di akhirat. 

 

Berbagai macam upaya tentunya harus kita dilakukan agar segera bisa melunasi utang, termasuk ikhtiar doa. Dilansir dari NU Online dalam artikel  Doa dari Rasulullah agar Terlepas dari Bingung dan Utang, Rasulullah saw selalu berlindung kepada Allah agar terlepas dari jeratan utang.  Sebagaimana yang diriwayatkan al-Humaidi dalam Musnad-nya, nomor hadis 246.

 

Salah satunya adalah dengan doa yang pernah diajarkan Rasulullah saw kepada seorang sahabat Anshar, sebagaimana yang diriwayatkan Abu Dawud, nomor hadis 1555, berikut ini.  

 

Disebutkan oleh Abu Sa‘id al-Khudri, pada suatu hari, Rasulullah saw masuk ke masjid. Ternyata di sana sudah ada seorang laki-laki Anshar yang bernama Abu Umamah. Beliau kemudian menyapanya: Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat?

 

Abu Umamah menjawab : Kebingungan dan utang-utangku yang membuatku (begini), ya Rasul. 

 

Rasulullah kembali bertanya: Maukah kamu jika aku ajarkan suatu bacaan yang jika kamu membacanya, Allah akan menghapuskan kebingunganmu dan memberi kemampuan melunasi utang?

 

Umamah menjawab : Tentu, ya Rasul.

 

Nabi pun menyatakan: Jika memasuki waktu pagi dan sore hari, maka bacalah:

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ 

 

Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl

 

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang. 

 

Abu Umamah lalu menuturkan : Setelah aku mengamalkan doa itu, Allah benar-benar menghilangkan kebingunganku dan memberi kemampuan melunasi utang.

 

Demikian doa yang diajarkan Rasulullah saw agar kita terlepas dari lilitan utang yang sering kali diikuti dengan rasa gelisah, cemas, ketakutan, kesedihan, kelemahan, dan lainnya. Semoga Allah mengabulkan doa dan melepaskan kita dari kesulitan.


Syiar Terbaru