• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 9 Desember 2022

Syiar

Doa Minta Ampunan atas Ucapan Tanpa Disertai Perbuatan

Doa Minta Ampunan atas Ucapan Tanpa Disertai Perbuatan
doa memohon ampun
doa memohon ampun

Kadang kala kita sudah berniat melakukan suatu hal, tapi ternyata tidak dapat dilaksanakan. Bisa karena lupa, tidak sempat, atau sebab lainnya.

 

Manusia memang tempat salah dan lupa. Bila dihitung,  tak dapat kita bayangkan berapa banyak dosa kita karena lupa dan alpa.

 

Di antara sesuatu yang sering terabaikan dan terlupakan oleh kita adalah ucapan kita sendiri yang berupa perintah kepada orang lain, saran maupun nasihat. Dilansir dari Doa Minta Ampun atas Ucapan tanpa Perbuatan (Omdo), Allah berfirman dalam Al-Qur`an surat as-Shaff mengenai orang yang tidak mengamalkan apa yang ia ucapkan. 

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ ۞ كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ

 

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan (Surat As-Shaff ayat 2-3).

 

Ayat di atas tentunya menjadi teguran bagi kita. Berapa banyak perkataan manis dan baik yang keluar dari mulut kita namun kita dustai dengan tidak melaksanakannya. Barang kali kita lupa akan ucapan yang telah kita ucapkan sehingga tidak mengamalkannya. 

 

Ada doa yang tercantum dalam Syair Burdah yang dikarang oleh Imam Al-Bushiri: 

 

أَسْتَغْفِرُ الَّلهَ مِنْ قَوْلٍ بِلاَعَمَــلٍ

 

Artinya: Aku mohon ampun kepada Allah dari ucapan tanpa disertai amal.

 

Semoga dengan membaca doa itu, dosa dari kesalahan berupa tidak mengamalkan sesuatu yang kita ucapkan dapat diampuni oleh Allah swt.


Syiar Terbaru