• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 3 Mei 2024

Pernik

Mengenal Lebih Jauh Kajian Kitab Kuning di Pondok Pesantren

Mengenal Lebih Jauh Kajian Kitab Kuning di Pondok Pesantren
Mengenal Lebih Jauh Kajian Kitab Kuning di Pondok Pesantren (Foto: NU Online)
Mengenal Lebih Jauh Kajian Kitab Kuning di Pondok Pesantren (Foto: NU Online)

Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan di Indonesia yang memiliki peran penting dalam mempertahankan dan meneruskan tradisi keilmuan Islam. Salah satu aspek penting dalam pembelajaran di pesantren adalah kajian kitab kuning. 


Kitab kuning merujuk pada kitab-kitab klasik dalam Bahasa Arab yang digunakan sebagai sumber utama pembelajaran. Nama kitab kuning merujuk pada warna halaman-halaman kitab tersebut yang umumnya berwarna kuning akibat proses penuaan.


Kitab kuning merupakan kumpulan kitab klasik yang ditulis oleh ulama-ulama terdahulu. Biasanya kitab-kitab ini membahas berbagai disiplin ilmu seperti fiqih (hukum Islam), hadits (tradisi Nabi Muhammad), tafsir (penafsiran Al-Qur’an), ushul fiqih (metodologi hukum Islam), aqidah (teologi islam), dan lain sebagainya. 


Kitab kuning memiliki beberapa fungsi penting dalam konteks pesantren, antara lain, pertama, sebagai sumber utama ilmu yaitu kitab kuning menjadi sumber utama ilmu dan pengetahuan bagi para santri di pesantren. Kitab-kitab ini memuat pemahaman dan penjelasan yang mendalam tentang ajaran Islam dari berbagai perspektif.


Kedua, meneruskan tradisi yaitu kajian kitab kuning di pesantren merupakan wujud konkret dari upaya meneruskan tradisi keilmuan Islam yang telah berlangsung selama berabad-abad. Pesantren memainkan peran penting dalam menjaga kontinuitas pengetahuan dan pemahaman agama Islam.   


Ketiga, pengembangan kritis yaitu kajian kitab kuning juga melatih para santri untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Mereka diajarkan untuk memahami dengan mendalam teks-teks kitab kuning, membandingkan pendapat para ulama, dan menarik kesimpulan sendiri.


Adapun mengenai pembelajaran kitab kuning di pesantren umumnya dilakukan dengan metode tradisional yang melibatkan santri dan guru secara langsung. Beberapa metode yang umum digunakan antara lain:


1. Sorogan yaitu santri membaca teks kitab kuning dengan suara keras sambil diikuti oleh guru dan santri lainnya. Setelah selesai membaca, santri akan menghadap guru untuk memperoleh penjelasan dan diskusi lebih lanjut tentang isi kitab.


2. Bandongan yaitu kiai membacakan kitab kuning, menerjemahkan dan menjelaskannya, sedangkan santri mendengarkan, menyimak, dan mencatat atau memaknai apa yang disampaikan.


3. Mudzakarah yaitu santri membaca teks kitab kuning secara mandiri, kemudian mereka berkumpul untuk berdiskusi dan bertukar pemahaman tentang isi kitab. 


Meskipun kajian kitab kuning memiliki nilai yang sangat berharga dalam tradisi pesantren, ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam mempertahankan dan mengembangkan pengajarannya. 


Beberapa tantangan tersebut yaitu adanya modernisasi, pesantren perlu menghadapi tantangan dari dunia modern dan teknologi yang semakin maju. Upaya integrasi antara pembelajaran kitab kuning dengan materi pendidikan modern menjadi perlu dilakukan untuk menjaga relevansi pesantren di era modern.


Kemudian keterbatasan akses yakni beberapa kitab kuning yang langka sulit ditemukan atau hanya dapat diakses oleh kalangan tertentu. Hal ini dapat menjadi hambatan bagi pesantren yang ingin mengembangkan kajian kitab kuning. 


Selanjutnya, pemahaman yang mendalam yaitu pembelajaran kitab kuning membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang Bahasa Arab dan konteks sejarah. Dibutuhkan upaya ekstra dalam membekali santri dengan kemampuan ini agar mereka dapat memahami kitab kuning dengan baik. 


Meskipun ada tantangan, terdapat juga peluang besar bagi pesantren untuk mengembangkan kajian kitab kuning. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu memperluas akses ke kitab-kitab kuning, sementara pendekatan pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan daya tarik dan efektivitas pembelajaran. 


Kajian kitab kuning memiliki peranan yang sangat penting di pesantren sebagai sumber utama pembelajaran keilmuan Islam. Kitab kuning bukan hanya sekadar sumber pengetahuan, tetapi juga mewakili tradisi keilmuan Islam yang telah berlangsung selama berabad-abad. 


Dalam menghadapi tantangan modern, pesantren juga perlu mengintegrasikan pembelajaran kitab kuning dengan pendidikan modern, dengan tetap mempertahankan esensi dan nilai-nilai yang terkandung dalam kitab kuning.


Elen Aulia, Santri Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung


Pernik Terbaru