• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Pernik

4 Cara Menjawab Pertanyaan Kapan Nikah Saat Mudik Lebaran

4 Cara Menjawab Pertanyaan Kapan Nikah Saat Mudik Lebaran
Ilustrasi pernikahan
Ilustrasi pernikahan

Momentum lebaran bagi yang belum menikah, sering mendapat  pertanyaan dari kalangan keluarga dan kerabat, kapan akan menikah. Pertanyaan itu biasanya muncul saat silaturahim lebaran di kampung halaman. 

 

Hal tersebut tentu saja wajar, sebab adanya pertanyaan tentang “Kapan kamu akan menikah?” pada dasarnya menjadi basa-basi paling mudah ketika membuka obrolan.

 

Di sisi lainnya, khusus pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 tahun ini, pemerintah juga memperbolehkan mudik dan menetapkan libur bersama untuk merayakannya, yang selama dua tahun dilarang karena mencegah penyebaran Covid-19. 

 

Itu artinya, bagi sebagian besar wanita dan laki-laki yang masih sendiri sekaligus sudah usia dewasa akan menjumpai pertanyaan tentang pernikahan.

 

Jawaban Pertanyaan Kapan Nikah

 

Berikut ini opsi jawaban yang bisa diberikankan ketika ada pertanyaan seputar nikah, harapannya agar obrolan saat lebaran bisa terus terjaga tanpa ada yang merasa tersakiti.

 

1. Mohon do’anya

Meminta do’a kepada setiap orang yang memberi pertanyaan kapan menikah bisa menjadi jawaban normatif untuk semuanya. Sebab, dengan meminta do’a inilah siapa tahu rencana melangsungkan pernikahan bisa untuk segera dilakukan.

 

Karena memang pernikahan dalam Islam hukumnya adalah mubah atau boleh. Kemudian hukum tersebut menjadi sunnah karena keadaan. Jika tujuannya untuk menjaga kehormatan diri, mengikuti perjalanan Rasulullah, dan mendapatkan keturunan yang baik, maka menikah menjadi sunnah dan jadi ketaatan. Artinya, hukum “sunnah” di sini sifatnya baru. Demikian menurut Syekh Ibnu Qasim.

 

2. Fokus pendidikan

 

Pertanyaan kapan menikah bisa mudah dijawab oleh seseorang yang sedang fokus dalam dunia pendidikan, baik pendidikan formal ataupun pendidikan nonformal. Contohnya bagi santri yang tinggal di pondok pesantren ataupun mahasiswa yang masih kuliah, menjawab dengan fokus pada bidang pendidikan dirasa cukup rasional.

 

3. Jodohnya belum bertemu

 

Jawaban atas pertanyaan kapan menikah bisa juga dilakukan dengan memberikan opsi bahwa jodohnya belum bertemu, karena hakekat jodoh termasuk rahasia Allah swt bersamaan dengan rezeki dan umur, sehingga selain terus berusaha dengan sungguh-sungguh, kita juga bisa meminta bantuan untuk mencarikan jodoh kepada seseorang yang bertanya.

 

4. Setelah hari raya Idul Fitri

 

Opsi jawaban lainnya bisa dilakukan dengan memberikan kabar bahwa kita akan melangsungkan pernikahan setelah Hari Raya Idul Fitri ini, sekaligus bisa dirangkai dengan memberikan undangan kepada yang bertanya. Tentu saja, berlakunya jawaban ini jikalau sebelum-sebelumnya sudah mempunyai rencana. Bahkan bisa juga dengan sekalian meminta do’a semoga dilancarkan sampai hari pernikahan itu tiba.

 

Imam Mahmud, Alumni Pascasarjana Sosiologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, tahun 2020


Pernik Terbaru