• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 23 April 2024

Pendidikan

Semarak Hari Santri, UIN Raden Intan Gelar Expo Kemandirian Pesantren dan Festival Kebudayaan

Semarak Hari Santri, UIN Raden Intan Gelar Expo Kemandirian Pesantren dan Festival Kebudayaan
Pembukaan Expo Kemandirian dan Festival Kebudayaan Pesantren UIN Raden Intan di Gedung Serba Guna (GSG) kampus setempat, Rabu (18/10/2023). (Foto: Istimewa)
Pembukaan Expo Kemandirian dan Festival Kebudayaan Pesantren UIN Raden Intan di Gedung Serba Guna (GSG) kampus setempat, Rabu (18/10/2023). (Foto: Istimewa)

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung menyelenggarakan Expo Kemandirian dan Festival Kebudayaan Pesantren di Gedung Serba Guna (GSG) kampus setempat, Rabu (18/10/2023).


Pembukaan ditandai dengan ditabuhnya gong oleh Rektor Prof H Wan Jamaluddin dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 yang jatuh pada 22 Oktober 2023 dengan tema Jihad Santri Jayakan Negeri.


Rektor UIN Raden Intan, Prof H Wan Jamaluddin menyampaikan, tema yang diusung adalah sebagai pengingat bagi para santri bahwa memiliki andil besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.


“Para santri, harus aktif memberi kontribusi dalam memajukan Negeri serta berjuang di era transformasi digital. Para santri harus terus berjuang membangun kejayaan Negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital,” ujarnya. 


Ia mengajak agar fokus serta tetap terus memberikan prestasi dan mengukir kesuksesan bagi kampus hijau tercinta UIN Raden Intan. 


“Sebarkan kebaikan dan prestasi-prestasi kita. Itu menjadi bagian jihad santri untuk menjayakan UIN Raden Intan,” ungkapnya. 


Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Lampung, Puji Raharjo mengatakan mengatakan, kemandirian Pesantren adalah salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Agama. 


“Expo Kemandirian Pesantren ini diikuti oleh pesantren yang telah ataupun sedang menerima dana inkubasi dari pemerintah,” katanya. 


Ia melanjutkan, pesantren hari ini sudah berbeda, bukan hanya menjadi pemimpin agama dan Ulama di tengah-tengah masyarakat. Tetapi pesantren hari ini sudah bisa melahirkan wirausahawan dan entrepreneur muda yang mampu bersaing di tengah ekonomi global.


Mudir Ma’had Al Jami’ah UIN Raden Intan sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan, Ustadz Muhammad Nur menyampaikan, terdapat 18 pesantren se-Provinsi Lampung dan 24 UMKM yang meramaikan kegiatan Expo dengan menjajakan hasil produk dan jasa karya para santri pada 18-20 Oktober 2023.


“Rangkaian kegiatan yang terdiri dari  yakni Lomba Hadrah dan Lomba Nasyid Santri, Pentas Seni, Pawai Karnaval dan Istighotsah akan memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional hingga 22 Oktober mendatang,” katanya. 


Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan kemeriahan Shalawat Kubro bersama Habib Asadullah Assegaf dan Tim Hadrah Noto Ati Hushshonul Wathon. Gema shalawat memenuhi gedung oleh para Mahasantri Ma’had Al Jami’ah UIN Raden, para santri pondok pesantren, dan juga Sivitas Akademika UIN Raden Intan.


Pendidikan Terbaru