• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 23 April 2024

Pendidikan

Roadshow FISIP Unila, Sosialisasi Seleksi dan Pengenalan Penerimaan Mahasiswa Baru

Roadshow FISIP Unila, Sosialisasi Seleksi dan Pengenalan Penerimaan Mahasiswa Baru
Roadshow FISIP Unila, Sosialisasi Seleksi dan Pengenalan Penerimaan Mahasiswa Baru (Foto: Istimewa).
Roadshow FISIP Unila, Sosialisasi Seleksi dan Pengenalan Penerimaan Mahasiswa Baru (Foto: Istimewa).

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung (Unila) melakukan roadshow dalam rangka sosialisasi seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan pengenalan program studi (prodi) yang ada FISIP Unila.

 

Kegiatan dilaksanakan di SMAN 3 Menggala, Tulang Bawang, Jumat (23/2/2024). Kegiatan tersebut menghadirkan peserta dari berbagai sekolah di sekitarnya, termasuk SMAN 2 dan SMAN 1 Menggala.

 

Tim sosialisasi dipimpin Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja Sama FISIP Dedy Hermawan, didampingi Ainul Hudzni serta para ketua prodi S-1 dan D-3 FISIP Unila.

 

Wadek 1 FISIP Unila, Dedy Hermawan menyampaikan, terima kasih atas sambutan hangat tersebut dan mengajak siswa-siswi untuk terus menimba ilmu demi masa depan yang lebih baik.

 

Tim Sosialisasi PMB, Ainul Hudzni dari menjelaskan, mekanisme seleksi mahasiswa baru di Unila dan perguruan tinggi di Indonesia secara umum, termasuk tiga jenis seleksi yang ada.

 

“Tiga seleksi meliputi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dengan kuota 20%, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dengan kuota 40%, dan Mandiri atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Lampung (Simanila) dengan kuota 30%,” ungkapnya dilansir dari laman Unila.

 

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 3 Menggala, menyampaikan apresiasi atas kehadiran Tim Unila. “Saya juga berharap sosialisasi ini dapat memberikan pencerahan kepada siswa-siswi,” ujarnya.

 

Diskusi pun digelar, di mana siswa-siswi aktif bertanya tentang strategi masuk perguruan tinggi negeri, motivasi dalam melanjutkan pendidikan, dan berbagai program studi yang ditawarkan oleh FISIP Unila.

 

Total terdapat sembilan prodi di FISIP Unila, terdiri dari enam prodi strata satu (S-1) dan tiga program studi diploma tiga (D-3), mencakup beragam bidang seperti Sosiologi, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, hingga Administrasi Bisnis dan Perpustakaan.

 

Dengan antusiasme dari peserta, roadshow berhasil memberikan pemahaman lebih baik mengenai proses seleksi PMB serta menawarkan wawasan tentang berbagai prodi yang tersedia di FISIP Unila.

 

Roadshow sosialisasi ini merupakan kali kedua yang dilakukan Tim PMB dan FISIP Unila, setelah sebelumnya sukses diadakan di SMAN 2 Kayuagung, Sumatra Selatan, pada 15 Februari 2024.


Pendidikan Terbaru