• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Kamis, 20 Juni 2024

Pendidikan

UIN Raden Intan Sukses Selenggarakan Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula

UIN Raden Intan Sukses Selenggarakan Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula
UIN Raden Intan gelar kegiatan Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula
UIN Raden Intan gelar kegiatan Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula


Bandar Lampung, NU Online Lampung
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung sukses menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) di Hotel Emersia, Bandar Lampung  selama lima hari,  Senin--Jumat (26-31/12/2022).

 

Kegiatan PKDP ini terselenggara atas kerjasama UIN Raden Intan Lampung dengan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag RI dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI.

 

Ketua penyelenggara, Prof Alamsyah mengatakan ada tiga materi penting yang diberikan kepada dosen pemula dan wajib dikuasai sebagai penerima sertifikasi dosen di lingkungan kementerian agama. Tiga materi itu adalah kompetensi dalam pembelajaran atau pedagogis, kompetensi dalam penelitian, publikasi dan pengabdian, serta kompetensi dalam moderasi beragama.

 

"Dengan kompetensi pedagogis tersebut maka seorang dosen harus mampu mentransfer ilmu, keterampilan praktis, dan keteladanan kepada mahasiswa, sesuai dengan kemajuan sains dan teknologi," kata Wakil Rektor I UIN Raden Intan itu dalam kegiatan yang diikuti oleh 120 peserta dari Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Bengkulu tersebut.

 

Prof Alamsyah menjelaskan, dengan kompetensi dalam riset maka  dosen juga harus mampu melakukan penelitian dan menebarkan hasilnya ke dunia luar, serta mewujudkan manfaatnya dalam bentuk pengabdian pada masyarakat.

 

Selanjutnya dengan kompetensi dalam Moderasi Beragama maka dosen wajib memiliki pandangan, sikap dan perilaku yang moderat dalam beragama, serta menanamkan hal yang sama  kepada peserta didik dan masyarakat. "Dengan moderasi beragama ini juga maka seorang dosen harus clear dan clean pada dirinya dalam komitmen kebangsaan, yaitu taat pada Pancasila, Konstitusi, NKRI, Keberagamaan, Toleran dan Menghargai tradisi," katanya.

 

Kegiatan ini diisi oleh para narasumber kolaboratif dari pusat dan daerah, seperti Sekretaris Kementerian Agama Prof Nizar, Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Wan Jamaluddin, Kasubdit Ketenagaan/Ketua PMU Pengelola LPDP Kemenag RI Ruchman Basori, Koordinator Narasumber PKDP Pusat Dr Efa, dan Wakil Rektor UIN Lampung/koordinator kegiatan Prof Alamsyah.

 

Para peserta menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat karena banyak materi  ilmu dan  keterampilan praktis yang penting  serta wawasan baru yang didapat. Sementara para narasumber juga merasa puas atas pelaksanaan kegiatan dan menyarankan agar program penting ini dilanjutkan secara berkala dan lebih baik di masa akan datang.

 

Sekretaris panitia,  Dd Rika Damayanti, menambahkan, kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan bimbingan dan pendampingan bagi para peserta. "Pelaksananya adalah para mentor dan evaluator yang ahli dan berpengalaman selama dua  bulan berikutnya. Kegiatan itu nantinya akan digelar di  Lampung dan juga di daerah masing-masing peserta," katanya.

(Dian Ramadhan)


Pendidikan Terbaru