• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 4 Juli 2022

Kiai Menjawab

Diminta "Uang Terima Kasih" Saat Seleksi Masuk Kerja, Apa yang Harus Dilakukan?

Diminta "Uang Terima Kasih" Saat Seleksi Masuk Kerja, Apa yang Harus Dilakukan?
Ilustrasi uang suap saat masuk kerja
Ilustrasi uang suap saat masuk kerja

Assalamualaikum wr. wb 
Kita sering mendengar, orang yang hendak diterima bekerja harus memberikan sejumlah uang ke pihak yang mengaku bisa mengatur kelulusan saat tes.


Saat ini, kebetulan saya sedang mengikuti seleksi penerimaan pegawai di salah satu perusahaan. Tapi pihak yang melakukan seleksi meminta saya membayar sejumlah uang, bila ingin diterima. Alasan mereka, itu sebagai ucapan terima kasih.


Yang saya bingung, seleksi saja belum berlangsung, mengapa saya sudah harus mengeluarkan “ucapan terima kasih”.
Mohon masukan dari Bu Ustazdah. Apa yang harus saya lakukan. Apakah ucapan terima kasih melalui uang itu dikenal dalam Islam. Saat ini saya memang sangat membutuhkan pekerjaan tersebut.

 

Rohani, Lampung Selatan

 

Waalaikumsalam wr. wb

Ucapan terima kasih berupa uang atas sebagai syarat supaya Anda bisa lolos dalam pekerjaan itu sama saja dengan penyuapan. Maka di dalam Islam hukumnya haram.


Seperti firman Allah dalam QS : 2:188, “Dan janganlah kamu makan harta diantara kamu dengan jalan yang bathil, dan (janganlah) kamu menyuap dengan harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui.”


Jadi jika Anda lakukan itu maka sama saja sudah menyuap. Dan seandainya lulus dan diterima maka harta (gaji) yang didapatkan setiap bulannya adalah haram dan rezeki yang kita dapatkannya pun tidak barakah.


Seperti hadist dari Abdullah, Rasulullah saw bersabda : ”Laknat Allah kepada pemberi suap dan penerima suap” (HR: Ahmad, Ibnu Majah). 


Tapi berbeda jika Anda memberikan rasa terima  kasih kepada seseorang dengan memberikan hadiah berupa uang atau barang karena orang tersebut sudah menolong Anda dalam hal yang lain (bukan urusan seleksi) maka itu dianjurkan dalam Islam.


Nabi saw bersabda:
“Hendaklah kalian saling memberi hadiah maka kalian akan saling mencinta”( HR: Al- Baihaqi). 


Maka sebaiknya tidak usah memberikan uang itu sebagai ucapan terima kasih. Ingatlah bahwa rezeki Allah itu sangatlah luas. Mohonlah kepada Allah agar kita dihindarkan dari hal-hal yang hanya akan membuat Allah murka.


Carilah rezeki yang halal agar Allah senantiasa ridho kepada kita. Semoga Allah memberikan yang terbaik buat Anda.

 

Dijawab oleh Ustadzah Yulia Ulfah, Pengasuh Majelis Taklim Ar-Raudah Jl. Swadaya 9, Gg .Tangkil Gunung Terang, Bandar Lampung)


Kiai Menjawab Terbaru