• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Kamis, 20 Juni 2024

Warta

Sekolah Formal Berbasis Pesantren, SDNU Metro Gelar Haflah Akhirussanah dan Wisuda Santri

Sekolah Formal Berbasis Pesantren, SDNU Metro Gelar Haflah Akhirussanah dan Wisuda Santri
Haflah akhirussanah dan wisuda santri SDNU Kota Metro, Sabtu (25/5/2024) (Foto: Istimewa)
Haflah akhirussanah dan wisuda santri SDNU Kota Metro, Sabtu (25/5/2024) (Foto: Istimewa)

Metro, NU Online Lampung

Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama (SDNU) Kota Metro menggelar haflah akhirussah, wisuda santri angkatan 1, tahtiman Al-Qur’an 30 Juz binnadzri, juz 30 bilghaib, dan kitab-kitab madrasah diniyah (Madin) yang diikuti 48 santri, pada Sabtu (25/5/2024).


Kepala SDNU Metro, Nur Hidayat dalam sambutannya mengatakan, pendidikan merupakan salah satu faktor yang mendukung kemajuan suatu bangsa.


“Alhamdulillah kita bisa menghadiri Haflah Akhirussanah perdana di SDNU. Kalau pondok pesantren mendirikan sekolah formal itu sudah biasa, kini hadir SDNU sekolah formal berbasis pondok pesantren,” ujarnya. 


SDNU berupaya mengintregasikan sekolah formal yang berbasis pondok pesantren. Ada tiga amalan yang tidak putus ketika kita sudah meninggal, insyaallah ketiganya semua bisa didapatkan di SDNU Metro.


“Terima kasih kepada wali murid yang sudah mempercayakan putra putrinya di SDNU, semoga amal jariyah bapak ibu diterima oleh Allah swt. Selanjutnya kami serahkan putra putri bapak ibu untuk melanjutkan jenjang pendidikan baik di pondok pesantren atau sekolah formal,” ungkapnya. 


Sementara itu, perwakilan Wali Murid, Kiai Jamal Idrus As Syafi’i menyampaikan, parameter ilmu itu adalah mengubah, jika sebuah ilmu sebanyak apapun tidak mengubah dirinya maka pada hakikatnya itu tidak punya ilmu.


“Oleh karena itu, maka mari kita jadikan Al-Qur’an melalui Surah Al Fatihah ini sebagai paradigma dalam membangun pendidikan. Semoga NU ke depan lebih baik dan anak-anak ini sudah mendapatkan bahan yang luar biasa tinggal nanti diteruskan ke jenjang atasnya,” ungkapnya.


Ia melanjutkan, maka ilmu bukanlah pengulangan, namun bagaimana ilmu itu harus berkembang. Oleh karena itu mari bersama-sama berpikir bagaimana menjadikan NU khususnya melalui SDNU Metro menjadi gerakan pendidikan yang mampu menjawab sekian banyak tantangan.


Perwakilan PCNU Kota Metro, KH Zamroni Ali menyampaikan apresiasi kepada civitas akademika dan dewan guru SDNU Metro atas terselenggaranya haflah akhirussanah. 


“Mudah-mudahan ilmu yang didaptkan siswa-siswi barakah dan bermanfaat. Selamat, dan lanjutkan jenjang pendidikan tingkat SMP atau MTs, formal atau pondok pesantren. Semoga SDNU semakin berkembang dan memunculkan inovasi-inovasi kreatif terbaru yang selalu membawa perubahan,” katanya. 


Kegiatan tersebut turut dihadiri PCNU Metro, badan otonom dan lembaga NU, tokoh masyarakat, tokoh agama, forkopimcam, Babinsa, Polsek, santri, dan wali santri SDNU.

(Dedek Riwanto)
 


Warta Terbaru